Pemkab Anambas Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024


Pemkab Anambas Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

Bupati Abdul Haris Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila -
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas pada Selasa, 1 Oktober 2024.


Turut hadir mengikuti upacara ini diantaranya, ketua dan anggota DPRD kabupaten Kepulauan Anambas, Forkopimda, Instansi Vertikal, Ormas dan jajaran Pemkab Kepulauan Anambas.


Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, S.H., M.H., menyampaikan bahwa upacara peringatan ini juga bertujuan untuk mengingat kembali sejarah pada masa G30S PKI yang dimana saat itu ideologi pancasila hampir saja digantikan oleh ideologi komunis. Namun berkat upaya TNI dan rakyat Indonesia, kudeta tersebut berhasil digagalkan.


"Kesaktian Pancasila bukan hanya sekedar peringatan sejarah tetapi juga simbol ketahanan dan persatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah dimana pun berada perlu mengingat dan mengetahui tentang sejarah itu untuk mempertahankan ideologi pancasila," ucapnya.


Kesempatan itu, Abdul Haris juga menekankan agar para ASN di wilayah pemerintahannya tetap menjaga netralitas pada Pilkada tahun 2024.


Hal tersebut disampaikan dalam pembacaan Ikrar Netralitas ASN pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas.


Terdapat empat poin dalam ikrar tersebut diantaranya,


1. Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai ASN di instansi masing-masing dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama maupun sesudah pelaksanaan Pilkada tahun 2024.


2. Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktek-praktek intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.


3. Menggunakan media sosial secara bijak dan tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong.


4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.


"Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pilkada ini, saya harapkan untuk semua ASN agar tetap menjaga netralitasnya. Ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan Pilkada damai tahun 2024 ini," pungkasnya.


Usai pelaksanaan upacara, Bupati Kepulauan Anambas diikuti oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan penandatangan Pakta Integritas.


Yuni S 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama