Malaka Memiliki 65 Kasus HIV, Paling Banyak Diidap Perempuan Usia Produktif.


Malaka Memiliki 65 Kasus HIV, Paling Banyak Diidap Perempuan Usia Produktif.

Gambar Ilustrasi


MALAKA I KEJORANEWS.COM : Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Berdasarkan hasil screening mencatat ada sebanyak 65 kasus baru Human Immunodeficiency Virus (HIV). Dari total kasus tersebut, 28 di antaranya diidap oleh laki-laki dan 37 kasus dialami oleh perempuan.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Malaka Wilfrida Ukat ketika dihubungi Via chat Wattsaap, Rabu 16/10/24 mengatakan pengidap HIV-AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Malaka sesuai data yang terhimpun dari seluruh Puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Malaka terdapat 65 kasus. 


"Kasus HIV ini terutama disebabkan oleh kontak seksual, baik sesama jenis maupun lawan jenis. Namun, pada laki-laki yang melakukan hubungan sesama jenis, risiko penularan lebih tinggi karena pergesekan yang terjadi, dan darah yang terpapar secara langsung,"


Selain penularan secara seksual, HIV juga bisa menyebar melalui non-seksual, seperti penularan dari ibu ke anak, serta penggunaan jarum suntik yang tidak steril, transfusi darah yang terinfeksi dan juga perlu diingat ada banyak faktor lain selain penularan seksual.


Pihak Dinas Kesehatan Malaka terus meningkatkan upaya pencegahan dan edukasi terhadap kelompok-kelompok rentan ini agar dapat meminimalisir penyebaran HIV di masyarakat. Dan bagi mereka penderita HIV itu kami tetap mengontrol serta memberikan pelayanan terapi melalui pengobatan, terang Wilfrida.


(Guntur)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama