Lanud Raden Sadjad Natuna Ikuti Sosialisasi Kejahatan Cyber dan Kesehatan Reproduksi


Lanud Raden Sadjad Natuna Ikuti Sosialisasi Kejahatan Cyber dan Kesehatan Reproduksi

Acara Sosialisasi -
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Personel Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna beserta anggota PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud RSA mengikuti sosialisasi terkait ketahanan keluarga dengan tema "Kejahatan Cyber di Era Digital dan Kesehatan Reproduksi". Acara ini berlangsung di Graha Serasan, Lanud RSA Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (21/10/2024).


Kegiatan ini langsung oleh Komandan Lanud RSA Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han., bersama Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud RSA, Ny. Santi Dedy Iskandar, para Kadis, Dansat, Kasatker, Kasi, Pengurus PIA, serta perwakilan personel Militer maupun PNS dan keluarga besar Lanud RSA.


Dalam sambutannya, Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I, Marsda TNI Mohammad Nurdin, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada prajurit, PNS, serta keluarganya mengenai jenis-jenis kejahatan cyber dan cara melindungi diri. Topik kesehatan reproduksi juga diharapkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan keluarga di era digital.


Komandan Lanud RSA, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi digital secara bijak untuk meminimalkan risiko kejahatan cyber. Ia juga menekankan bahwa menjaga kesehatan reproduksi adalah bagian penting dari ketahanan keluarga. "Bagi personel yang sudah berkeluarga, saya juga mengimbau agar membawa istri berdinas di Natuna. Hal ini dapat mendukung ketahanan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan bersama," tambah Komandan Lanud RSA.


Acara diikuti secara daring oleh satuan-satuan jajaran Koops Udara I, dengan pusat kegiatan luring di GOR Antarikshe Makoops Udara I. Sosialisasi ini menghadirkan narasumber ahli, yaitu Kompol Grawas Sugiharto, S.Kom, M.Si., M.t., M.Sc., dari Subdit IV Tindak Pidana Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, yang menyampaikan tentang tantangan dan pencegahan kejahatan cyber di era digital. 


"Literasi digital adalah kecakapan penting yang harus dikuasai oleh masyarakat. Menggunakan media digital dengan bijak, cerdas, dan sesuai hukum adalah kunci dalam membina komunikasi dan interaksi sehari-hari," ujar Kompol Grawas Sugiharto.


Selain itu, dr. Dewi Inong Irana, Sp.D.V.E., FINSDV, FAADV., memberikan materi tentang kesehatan reproduksi, khususnya terkait infeksi menular seksual (IMS) seperti HIV/AIDS. "Penyakit berbahaya akibat perilaku zina, seperti HIV/AIDS, dapat dicegah jika kita bersama-sama menjaga kesehatan reproduksi dan menghindari perilaku berisiko," ungkapnya.


Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I, Ny. Erin Mohammad Nurdin, beserta jajaran pejabat utama Makoops Udara I, serta personel dan PNS dari satuan jajaran Koops Udara I.


(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama