Pemkab Natuna Gelar Rakor Bumdes dan Bumdesma se-Kabupaten Natuna Tahun 2024


Pemkab Natuna Gelar Rakor Bumdes dan Bumdesma se-Kabupaten Natuna Tahun 2024

Rakor Bumdes-
NATUNA| KEJORANEWS.COM :  Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, melalui  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Rapat Koordinasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) se-Kabupaten Natuna, Tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan  di Gedung Wanita Rabu, (18/09/2024).


Rapat koordinasi di buka secara resmi oleh Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda. Dalam sambutannya Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu langkah untuk untuk meningkatkan SDM di setiap Desa dalam mengelola keuangan dan aset desa.


“Kegiatan ini dinilai sebagai salah satu langkah yang dilakukan Dinas BPMD guna mengoptimalkan pengelolaan BumDes dan Bumdesma dalam rangka meningkatkan SDM dan kapasitas pengelola keuangan dan aset desa BumDes dan Bumdesma. Kami harapkan kegiatan seperti ini terus dilakukan secara berkala," kata Rodhial.


Selain itu Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan, bahwa BUMDes tidak hanya bergerak di bidang simpan pinjam, tapi BUMDes harus bisa mengembangkan potensi desa melalui berbagai kegiatan-kegiatan sehingga meningkatkan pendapatan asli desa terlebih mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) diharapkan tidak hanya bergerak di bidang simpan pinjam, namun harus bisa menggali dan mengembangkan potensi desa melalui kegiatan-kegiatan sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa terlebih mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambah Rodhial.


Diharapkan, melalui kegiatan Rapat Koordinasi Bumdes dan Bumdesma akan terjalin komunikasi yang baik terkait pengelolaan Bumdes dan Bumdesma.


“Melalui kegiatan ini akan terjalin komunikasi yang baik, rakor ini memberikan pemahaman terkait pengelolaan Bumdes dan Bumdesma, sehingga pengurus Bumdes dapat merealisasikannya dengan baik demi kemajuan desanya masing- masing," ujar Rodhial.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna Suhardi menyampaikan tujuan kegiatan.


“Kegiatan rapat koordinasi Bumdes dan Bumdesma se-Kabupaten Natuna Tahun 2024 bertujuan melakukan pembinaan Bumdes dan Bumdesma, memperkuat sinergi antar-Bumdes dalam rangka meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat setempat, mengenai permasalahan yang dihadapi oleh Bumdes dan Bumdesma dalam mengelola keuangan dan aset desa," kata Suhardi.





(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama