PATEN WAY: Tujuh Program Prioritas untuk Masyarakat Anambas


PATEN WAY: Tujuh Program Prioritas untuk Masyarakat Anambas

ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas,  nomor urut 3 yaitu Wan Zuhendra – Amat Yani, telah mempersiapkan sebanyak 7 program Prioritas untuk masyarakat kabupaten Kepulauan Anambas, jika nantinya diberikan amanah memimpin Kabupaten Kepulauan Anambas selama 5 tahun ke depan. Kamis,(26/09/2024).


Calon Bupati Anambas, Wan Zuhendra, mengatakan, salah satu poin dalam 7 fokus pembangunan yang digagas oleh paslon dengan slogan PATEN WAY ini, adalah Anambas Cemerlang, Anambas Sehat, Anambas Bahagia, Anambas Sejahtera, Anambas Terhubung, Anambas Nyaman dan Anambas Melayani. 


Anambas Melayani, papar Wan Zuhendra, yakni upaya PATEN WAY untuk mengoptimalisasikan birokrasi yang responsif dan produktif dalam melayani masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut, PATEN WAY bakal memperjuangkan peningkatan kesejahteraan aparatur mulai dari PTT, P3K hingga ASN.


“Kita fokus tingkatkan kesejahteraan mereka, karena beban biaya hidup dan beban ekonomi saat ini cukup tinggi, sehingga perlu menjadi perhatian PATEN WAY,” Ucapnya.


Wan Zuhendra juga menegaskan, jika diberikan amanah memimpin Anambas, pihaknya tidak akan merumahkan para tenaga PTT atau honorer.


“Tenaga honorer ini jadi prioritas yang akan membantu pemerintah dalam mewujudkan visi - misi pasangan PATEN WAY jika terpilih nantinya. Dan kesejahteraan ini juga akan kita perhatikan,” tegasnya.


Tak hanya kesejahteraan aparatur pemerintah, PATEN WAY kata Wan Zuhendra, juga berupaya meningkatkan Alokasi Dana Desa (ADD), melakukan pemberdayaan BUMDes, serta menjamin pemerataan pembangunan antar wilayah, dengan kebijakan 1 pembangunan tiap desa sebagai bentuk komitmen terhadap hasil pelaksanaan Musrenbang.


“Kesejahteraan seluruh masyarakat juga perlu menjadi perhatian kita dengan upaya penguatan sektor ekonomi kerakyatan,” ujarnya.


Untuk diketahui, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra – Amat Yani menggagas 7 fokus pembangunan untuk Anambas . Berikut penjabaran 7 fokus pembangunan PATEN WAY:


1. ANAMBAS CEMERLANG


- Penyediaan seragam gratis siswa PAUD, TK, SD dan SMP serta beasiswa mahasiswa unggulan

- Pemberiaan insentif untuk guru-guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) serta bantuan melalui pengadaan sarana dan prasarana pendidikan untuk pengembangan produk pesantren

- Pembinaan cabang olahraga unggulan dengan menghadirkan pelatih berlisensi


2. ANAMBAS SEHAT

- Penyediaan pelayanan RSUD yang berkualitas secara kolaboratif serta pemeriksaan kesehatan keliling (dokter menyapa)

- Pemberian makanan tambahan bergizi bagi ibu hamil, balita dan lansia

- Menjamin setiap masyarakat terlindungi oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

- Penyediaan rumah singgah untuk pasien di setiap RSUD Anambas dan memperbaiki system layanan rujukan.


3. ANAMBAS BAHAGIA

- Penyelesaian pembangunan dan penataan Kawasan waterfront city

- Penyediaan ruang terbuka public/taman bermain yang modern dan representative di tiap pulau besar.

- Pembangunan destinasi wisata prioritas di Pulau Jemaja


4. ANAMBAS SEJAHTERA

- Pemberian insentif bagi penggiat agama dan budaya

- Pelatihan ketenagakerjaan bersertifikat dan berstandar kebutuhan

- Pendampingan dan pemberdayaan masyarakat nelayan, petani, dan peternak melalui skema penyediaan kredit khusus sebesar Rp7,5 miliar.

- Peningkatan produktifitas nelayan (pelaksanaan bedah pompon, pengadaan rumpon, modernisasi perikanan tangkap dan budidaya, perbaikan distribusi pemasaran, dan penyediaan cold storage).


5. ANAMBAS TERHUBUNG

- Pembangunan jembatan antar pulau  (Kampung Baru – Air Asuk, Genting – Penebung, Tebang – Belibak)

- Optimalisasi transportasi antara dari Letung ke Ibukota Kabupaten menjadi lebih efisien, lebih cepat dan nyaman.

- Percepatan pembangunan infrastruktur jalan di setiap kecamatan


6. ANAMBAS NYAMAN

- Pembenahan penyediaan air bersih untuk masyarakat

- Pelaksanaan bedah 100 unit rumah keluarga miskin

- Penanggulangan banjir di ibu kota kabupaten dan Pulau Jemaja

- Pendistribusian kendaraan operasional pengangkut sampah, kendaraan pemadam kebakaran, atau disesuaikan dengan kebutuhan bagi seluruh desa


7. ANAMBAS MELAYANI

- Peningkatan Alokasi Dana Desa (ADD), melakukan pemberdayaan BUMDes Rp3 miliar, serta menjamin pemerataan pembangunan antar wilayah, dengan kebijakan 1 pembangunan tiap desa sebagai bentuk komitmen terhadap hasil pelaksanaan Musrenbang.

- Peningkatan kesejahteraan aparatur (PTT, P3K, dan ASN)

- Optimalisasi birokrasi yang responsif dan produktif, serta penyediaan mall pelayanan public


Yuni S

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama