Diduga KPU Malaka Sudah Janjian Menggunaka Sound Sistem Milik Anak Malaka, Namun Tidak Diindahkan.


Diduga KPU Malaka Sudah Janjian Menggunaka Sound Sistem Milik Anak Malaka, Namun Tidak Diindahkan.


MALAKA I KEJORANEWS.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka diduga  menggunakan Master of Ceremony (MC), Soun Sistem,  Foto grafer dan YouTuber dari luar daerah untuk acara deklarasi Kampanye damai pada Pilkada Malaka 2024, sementara anak-anak daerah tidak dilibatkan.


Hal ini memicu protes dari masyarakat yang menganggap bahwa keputusan tersebut tidak mendukung potensi lokal. Banyak yang menilai bahwa penggunaan MC, Foto grafer, YouTuber dan perlengkapan alat berupa Sound Sistem dari luar tidak hanya mengabaikan bakat lokal, tetapi juga berpotensi merugikan ekonomi masyarakat setempat. 


Kritik ini datang di tengah persiapan pemilu 2024, di mana keterlibatan mc lokal dianggap tidak penting untuk menciptakan suasana yang akrab dan mendukung penyelenggaraan pemilu yang sukses. 


Menanggapi hal tersebut, mantan ketua IMMALA Kupang, Egyharianto Nahak, SH kepada media, Kamis 26/9/24 sangat sesalkan sikap KPU Malaka yang diduga abaikan anak asli daerah.


Seharusnya, kata Egy Nahak, KPU Malaka tidak boleh abaikan anak daerah dalam hajatan pesta demokrasi. 


"Anak - anak Malaka banyak yang punya bakat MC, Foto grafer, YouTuber dan alat sound sistem tetapi kenapa tidak pake produk Malaka. Apakah KPU Malaka meragukan kualitas anak daerah? Ataukah KPU Malaka tidak mau untuk anak daerah tidak boleh terlibat dalam hajatan pesta demokrasi," jelasnya.


Jika menggunakan perlengkapan dari luar sudah pasti pembayaranya mahal ketimbang mengunakan perlengkapan dari daerah Malaka. Sempat mendengar, Perlengkapan itu sebenarnya mau di pake anak- anak Malaka punya, namun sampe hari-H pakenya orang dari Kupang ini sesuatu yang konyol, karena telah melukai hati anak Malaka sendiri, tandas Egy.


Ia meminta KPU Malaka tidak boleh bersikap arogan terhadap anak daerah. Jangan gunakan anggaran Pilkada puluhan miliar yang digelontorkan dari APBD demi sewa perlengkapan dari luar.


"Sangat tidak elok ketua KPU Malaka tidak mempertimbangkan hal ini. Saya menduga ketua KPU Malaka bersama jajaran sangat meragukan MC, dan perlengkapan lainnya di Malaka yang dimiliki anak daerah sehingga bisa menyewa semua perlengkapan dari luar," ujarnya. 


Egy Nahak mendesak ketua KPU Malaka harus terbuka pada publik atas biaya MC, Sound sistem, Foto grafer dan YouTuber dari luar agar diketahui oleh masyarakat.


"Kita minta harus keterbukaan terkait biaya sewa Perlengkapan dari luar Malaka, sebab anggaran puluhan miliar yang digelontorkan dari APBD merupakan uang Seluruh rakyat Malaka seharusnya kembali untuk anak Malaka" tutupnya.


(JM)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama