Bupati Abdul Haris Serahkan Fasilitas Kesehatan ke Puskesmas Siantan Tengah


Bupati Abdul Haris Serahkan Fasilitas Kesehatan ke Puskesmas Siantan Tengah

Bupati Abdul Haris (bau dinas)-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris hadiri acara tepung tawar dan serah terimakan fasilitas kesehatan di Puskesmas Siantan Tengah, Selasa (10/09/2024).


Fasilitas kesehatan yang diserahkan itu, berupa satu unit Puskesmas Keliling (Puskel) roda empat, yaitu Ambulan dan dua unit Puskel roda dua, yakni sepeda motor. Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik kesehatan tahun anggaran 2024.


Bupati Abdul Haris dalam sambutannya, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Kesehatan, PPKB berupaya melengkapi sarana dan prasarana guna menunjang pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat.


"Bantuan ini didapatkan setelah melakukan audiensi pengusulan pengadaan Puskel roda empat dan roda dua ke Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan pada tahun 2023 lalu," ucapnya.


“Upaya ini membuahkan hasil dengan adanya DAK Fisik Kesehatan tahun anggaran 2024 yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” sambungnya.


Lanjutnya, mengingat keterbatasan akses fasilitas kesehatan di Kabupaten Kepulauan Anambas yang disebabkan oleh faktor geografis, maka diharapkan dengan tersedianya Puskel ini dapat menjangkau dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya di wilayah kerja Puskesmas Siantan Tengah.


Di kesempatan itu, Abdul Haris berpesan Kepala Dinas Kesehatan agar bisa membuat program pelayanan kesehatan home visit atau kunjungan rumah dengan menggunakan motor Puskel roda dua sesuai dengan kegunaannya untuk memenuhi waktu respon penanganan korban gawat darurat.


Pesan serupa juga ditunjukkan kepada Kepala Puskesmas Siantan Tengah beserta jajarannya, untuk melaksanakan pelayanan kesehatan home visit. 


" Kunjungi rumah di daerah pelosok yang sulit dijangkau mobil ambulans agar pasien gawat darurat dan pasien yang kondisinya belum stabil mendapatkan pelayanan kesehatan lebih awal. Saya selaku Bupati sangat mengharapkan dari keluhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan, karena tenaga medis mempunyai integritas dalam melayani pasien dengan budaya dan etika yang baik," ujarnya.


Katanya lagi, tenaga kesehatan wajib mengutamakan kepentingan pasien di atas kepentingan pribadi, mengedepankan keramahan dan sopan santun dalam pemberian pelayanan kesehatan di Puskesmas.


Menurutnya sekalipun dalam kondisi keterbatasan sarana dan prasarana tidak menjadikan alasan dan hambatan bagi tenaga kesehatan untuk mengupayakan pelayanan kesehatan yang ramah dan santun kepada Pasien.


Terakhir, Dirinya berharap semua pihak senantiasa bersinergi dan memberikan pemikiran serta ide-ide dan gagasan untuk peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Anambas.


"Saya berharap semoga semua upaya kita untuk berbuat yang terbaik bagi kemajuan daerah ini menjadi ladang amal dan dibalas oleh Allah Subhanahu wa taala. Tuhan Yang Maha Esa, serta meridhoi juga senantiasa memberkati dan melindungi upaya kita dalam mewujudkan Kabupaten Kepulauan Anambas yang sehat sejahtera," tuturnya.


Yuni S

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama