Wakil Bupati Natuna Serahkan Bantuan Peralatan Pelaku UMKM Perempuan Desa di Kaling II Air Raya


Wakil Bupati Natuna Serahkan Bantuan Peralatan Pelaku UMKM Perempuan Desa di Kaling II Air Raya

Wabup Rodhial Huda saat Berikan Bantuan -
NATUNA| KEJORANEWS.COM : Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menyerahkan Bantuan Peralatan kepada pelaku industri rumahan Perempuan Desa (pelaku UMKM) yang dilaksanakan di Gedung Posyandu Kaling II Air Raya, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, pada Rabu (28/8/2024) siang.


Rodhial Huda dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa industri rumahan merupakan salah satu pilar penting dalam ekonomi daerah terutama dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Oleh karenanya Kegiatan ini merupakan bagian upaya Pemerintah Kabupaten Natuna dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya pelaku industri rumahan perempuan desa yang berperan penting dalam pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan kesejahteraan keluarga.


“Semoga bantuan peralatan sederhana bagi ibu-ibu pelaku industri rumahan ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha dan mendorong peningkatan kualitas produk yang dihasilkan,” harapnya.


Selanjutnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Sri Riawati menjelaskan bantuan diberikan bukan modal tapi barang peralatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha seperti Kompor Hock 16, Dandang, Kuali Chopper, Mixer, Termos, Penanak Nasi, dan masih banyak lagi.


Dia juga menjelaskan bahwa program pembinaan industri rumahan di Kabupaten Natuna sudah dimulai sejak 2017 melalui anggaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dengan tiga desa percontohan yaitu Desa Limau Manis, Tanjung, dan Ceruk. Selanjutnya melalui APBD Kabupaten Natuna dari Tahun 2020 dengan pengembangan pada Desa Binjai, Semedang, Air Lengit, Mekar Jaya, Teluk Buton, Pangkalan, Pengadah, dan Air Raya.


Kemudian Novita Sari selaku pelaku UMKM Perempuan Desa yang berjualan di Kantin SDN 009 Bandarsyah ketika diwawancarai mengungkapkan rasa syukurnya kepada Pemerintah Daerah karena dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan jumlah produksi dan lebih menghemat waktu.


“Saya mendapatkan bantuan berupa Kompor Hock 16, Blender, Dandang, dan Termos es batu. Dengan adanya bantuan ini tentunya bisa menambah jajanan dan menghemat waktu juga,” ungkapnya ketika diwawancarai oleh Pewarta Kominfo


Kemudian acara diselaraskan juga dengan penandatanganan MoU antara Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dengan Kelurahan Bandarsyah Kaling II Air Raya mengenai pembinaan dan pelatihan kepada perempuan pelaku industri rumahan.





(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama