Sekda Natuna Buka Forum Group Discussion Pembinaan Desa Cinta Statistik


Sekda Natuna Buka Forum Group Discussion Pembinaan Desa Cinta Statistik

Sekda Natuna, Boy Wijarnako ( tengah)-
NATUNA |KEJORANEWS.COM : Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik lintas sektoral dilingkungan pemerintah desa Kecamatan Bunguran Timur Laut, Badan Pusat Statistik Natuna menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Desa Cinta Statistik (Cantik) yang dibuka langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko pada Kamis( 8/8/2024) bertempat di Aula Kecamatan Bunguran Timur Laut.


Boy dalam kesempatan ini menyampaikan pengelolaan dan pemanfaatan data desa seharusnya selaras dengan prinsip satu data Indonesia. Untuk itu diperlukan koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan kegiatan statistik ditingkat desa seperti saat ini.


“Data statistik yang dikumpulkan ditingkat di desa seharusnya bisa menjadi landasan dalam pengelolaan dan pembangunan pemerintah desa,” ujar Sekretaris Daerah .


Boy juga berharap keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini sangat membutuhkan dukungan, kolaborasi dan komitmen kuat dari semua pihak terkait, agar pembinaan desa cinta statistik ini bisa membawa kebermanfaatan bagi kita semua.


Desa/kelurahan sebagai ujung tombak pembangunan desa sekaligus ujung tombak pengumpulan data sektoral perlu pembinaan statistik tingkat desa/kelurahan untuk menghasilkan data yang berkualitas dari sumbernya, hal ini juga dijelaskan oleh kepala Badan Pusat Statistik Natuna, Wahyu Dwi Sugianto.


Desa cinta statistik (Cantik) merupakan salah satu bentuk komitmen BPS untuk mendukung pembangunan desa yang berkelanjutan.




(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama