Pemkab Natuna Gelar Rakor Penilaian Evaluasi untuk Kemajuan Geopark Nasional Natuna


Pemkab Natuna Gelar Rakor Penilaian Evaluasi untuk Kemajuan Geopark Nasional Natuna

Rapat Koordinasi -
NATUNA| KEJORANEWS.COM : Dalam rangka mendukung kemajuan Program Prioritas Pengelolaan Geopark (Taman Bumi) Nasional Natuna, Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Koordinasi bersama Badan Pengelola Geopark Nasional (BPGN) Natuna yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Barenlitbangda Natuna, Rabu (28/8/2024).


Rakor dibuka langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Natuna, sekaligus Ketua Harian BPGN Natuna, Basri, dengan membahas laporan evaluasi geopark nasional, serta assesment mandiri penilaian geopark nasional.


Basri dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa penilaian tersebut penting dilakukan dalam upaya meningkatkan serta mengevaluasi perkembangan pengelolaan Taman Bumi Natuna agar memiliki standar dan kualitas yang tinggi dalam upaya menjaga kelestarian alam serta upaya dalam menyejahterakan masyarakat.



“Saya inginkan penilaian ini dapat kita lakukan dengan lebih sungguh-sungguh dalam mempertahankan geopark nasional Natuna untuk kemudian siap naik tingkat menjadi UGG,” ujarnya.


Basri juga mengakui bahwa Natuna masih berjuang untuk mendapat pengakuan UGG, oleh karena itu Ia berharap melalui proses evaluasi ini dapat menjadi momentum Natuna menunjukkan potensinya bahwa layak untuk diaku sebagai Taman Bumi Internasional yang diakui oleh UNESCO.


Dalam rapat tersebut, dibahas secara keseluruhan dokumen evaluasi kemajuan pengelolaan Geopark Nasional yang sebelumnya telah dipantau oleh Tim Verifikasi Geopark Nasional.


Adapun dari masing-masing OPD yang hadir dalam rapat menyampaikan setiap laporan kegiatan yang dilakukan mulai dari kegiatan pariwisata, kebudayaan, pendidikan, ekonomi, penyebaran informasi geopark, serta pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan Natuna Geopark.


Momentum penting ini akan dipersiapkan secara matang oleh Badan Pengelola Geopark Natuna tentunya bersama Pemerintah Kabupaten, serta stakeholder terkait untuk mempertahankan nama baik Geopark Nasional Natuna.





(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama