Pemkab Natuna Bentuk Tim Pelaksana PPID


Pemkab Natuna Bentuk Tim Pelaksana PPID

Sekda Natuna, Boy Wijarnako dan Kadis
Kominfo, Ikhwan  Solihin-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Dalam rangka meningkatkan layanan keterbukaan informasi publik di Natuna, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar rapat pembentukan tim pelaksana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang dilaksanakan secara hybrid di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Natuna dan melalui zoom meeting, Selasa (13/8/2024).


Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko Varianto, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Natuna, ikhwan Solihin.


Boy Wijanarko menyampaikan kepada setiap OPD untuk berkomitmen dalam meningkatkan akses terhadap informasi publik, dan memastikan transparansi informasi tersebut, yang dikelola dan diawasi oleh PPID, dalam penyelenggaraan pemerintahan, agar informasi mengenai hal tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.


“Di era digitalisasi ini, diskominfo menjadi corongnya informasi di pemerintahan dalam hal ini Kabupaten Natuna. Keterbukaan informasi tersebut penting harus tersampaikan kepada masyarakat melalui PPID yang dikelola oleh Diskominfo, baik dalam informasi mengenai pelayanan publik maupun program-program kegiatan pemerintahan di masing OPD,” jelas Boy.



Transparansi informasi perlu didukung oleh semua pihak khususnya penyediaan informasi dari pihak yang menguasai informasi dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan informasi yang disediakan pemerintah.


Maka dari itu, Sekda Natuna dalam kesempatan tersebut mengharapkan keterlibatan seluruh OPD dan stakeholder terkait dapat beperan aktif dalam meningkatkan pengelolaan informasi komunikasi publik melalui PPID yang dikelola oleh Diskominfo.


“Apapun kegiatan yang ada baik kegiatan sistematis maupun kegiatan-kegiatan pemerintahan lain, informasi tersebut harus terlebih dahulu disampaikan kepada diskominfo untuk disampaikan terbuka kepada masyarakat. Ini dilakukan agar PPID dapat berjalan secara terstruktur,”  tambah Boy Wijanarko.



Sementara, Ikhwan Solihin dalam kesempatan yang sama menyebutkan pembentukan tim ini dilaksanakan agar pihak yang terlibat dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta wewenang dengan baik dari masing-masing pihak yang telah ditugaskan.


“Menjadi fokus utama bagi setiap Badan Publik dalam hal ini pemerintah kabupaten Natuna dalam pengelolaan informasi dengan mengedepankan prinsip transparan, akuntabel, dan partisipasi public dalam mewujudkan good governance,” ungkap Ikhwan.



Lebih lanjut, Ia berharap PPID akan menjadi sinergitas Pemerintah dalam meningkatkan kinerja dalam hal pelayanan informasi masyarakat, sehingga dapat mewujudkan keterbukaan informasi publik yang lebih baik.


“Dengan hal ini tujuan dari peningkatan keterbukaan informasi publik melalui PPID sebagai pintu keterbukaan informasi bagi masyarakat mengenai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.


Kemudian dalam rapat tersebut masing masing OPD dalam pembentukan tim pelaksana PPID turut menyambut baik pembentukan tim tersebut, serta tidak lupa memberikan saran-saran guna memaksimalkan PPID dalam menjalankan keterbukaan informasi publik.






(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama