Pemimpin Harus Memiliki Keberanian, Wawasan dan Kemampuan Memobilisasi dan Diplomasi


Pemimpin Harus Memiliki Keberanian, Wawasan dan Kemampuan Memobilisasi dan Diplomasi

Nana Suryana saat Menyampaikan Materi -
BANJAR I KEJORANEWS.COM : Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Ranting Pataruman, Kota Banjar, Menggelar Sarasehan Dalit Carita Picaritaeun Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI "Ngadidik Diri Pikeun Lemah Cai, bertempat di Kampus SMK AL-AZHAR Citangkolo, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (10/8/2024).


Digelarnya sarasehan tersebut, merupakan salah satu upaya dalam memperkuat semangat kebangsaan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan di kalangan generasi muda. 


Nana Suryana, sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa pemimpin tidak hanya berbicara tentang teori kepemimpinan, namun harus juga menerapkan pola pemikiran yang mendalam mengenai tantangan yang dihadapi Kota Banjar, khususnya dalam menekan angka pengangguran.


" Menjadi seorang pemimpin itu bukanlah perkara yang mudah, seorang pemimpin harus memiliki keberanian, wawasan yang luas serta memiliki kemampuan memobilisasi dan berdiplomasi. Seorang pemimpin itu, harus memiliki kelebihan di semua aspek di banding anggotanya," ucap Nana Suryana, yang merupakan mantan Wakil Wali Kota Banjar Periode 2018 - 2023 di hadapan peserta anggota Pramuka.


Acara semakin menarik ketika salah satu peserta, Reni, mengajukan pertanyaan tentang bagaimana menghadapi anggota yang tidak sejalan dengan pemimpin.


Pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta anggota Pramuka tersebut, dengan penuh semangat Nana Suryana menjelaskan, bahwa perbedaan pendapat dalam sebuah tim itu merupakan hal yang wajar.


"Ketika memimpin, kita harus mau mendengarkan dan menyatukan visi serta membangun konsensus, itu semua untuk mengatasi semua perbedaan," jelas Nana Suryana.


Semua pertanyaan yang diajukan oleh beberapa peserta, satu - persatu narasumber menjelaskannya dan acara diakhiri dengan Foto bersama.


Di tempat yang sama, Asep Deni selaku ketua kwaran Pataruman mengatakan, bahwa materi tentang kepemimpinan yang di paparkan oleh Kaka Nana Suryana sangat jelas dan mudah di pahami oleh adik-adik Peserta Pramuka.


"Materi yang di bahas oleh Kaka Nana Suryana cukup padat tapi jelas. Mudah mudahan akan menjadi motivasi dan bermanfaat buat adik-adik, karena melihat sosok Kaka Nana yang tegas, bisa menjadi inspirasi bagi adik-adik yang hadir disini untuk menjadi penerus sosok Kaka Nana Suryana di masa yang akan datang,"pungkas Asep Deni.




 (ASEP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama