Pemerintah Kabupaten Natuna Kembali Raih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC)


Pemerintah Kabupaten Natuna Kembali Raih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC)

Bupati Natuna, Wan Siswandi (tengah) 
saat terima penghargaan -
JAKARTA|KEJORANEWS.COM :  Pemkab Natuna kembali  mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) pada kategori utama dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 


Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi dari Wakil Presiden Indonesia, Makruf Amin bertempat di Krakatau Grand Ballroom, Jakarta Timur,Kamis (8/8/2024).


Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) merupakan penghargaan yang diberikan kepada negara, daerah, atau institusi yang telah mencapai cakupan kesehatan semesta yang memastikan bahwa seluruh penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa harus menghadapi kesulitan finansial. Penghargaan ini biasanya terkait dengan pencapaian dalam memperluas akses pelayanan kesehatan, mengurangi disparitas kesehatan, dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.


Selain itu, penghargaan ini juga bisa menjadi dorongan untuk terus meningkatkan sistem kesehatan menuju cakupan yang lebih luas dan inklusif.


Diketahui Pemerintah Kabupaten Natuna telah mendaftar seluruh masyarakatnya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak tahun 2019.


Saat ini berdasaekan data BPJS Kesehatan, jumlah  PBPBU (Peserta yang iurannya dibayarkan melalui APBD Natuna) sebanyak 28.747 jiwa, PBI APBN (yang dibayarkan APBN) sebanyak 27.300. secara mandiri sebanyak 2.080 jiwa dan sisanya terdaftar PNS, P3K, PTT dan Badan Usaha.


Ini merupakan wujud komitmen pemerintah Kabupaten Natuna dimasa kepemimpinan Bupati Wan Siswandi dan Wakilnya Rodhial Huda pada sektor layanan kesehatan dalam membantu masyarakat.




(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama