Nota Keuangan Natuna RAPBD 2025, Pendapatan Diperkirakan Rp1,2 Triliun


Nota Keuangan Natuna RAPBD 2025, Pendapatan Diperkirakan Rp1,2 Triliun

Bupati dan Sekda bersama Ketua DPRD dan Wakil-
NATUNA| KEJORANEWS.COM :  Bertempat di Ruang Rapat DPRD Natuna, Bupati Natuna, Wan Siswandi sampaikan pidato pengantar nota keuangan dan rancangan APBD Natuna Tahun 2025. Jum’at, (30/8/2024).


Rapat paripurna ini dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar setelah ditetapkan oleh Badan Musyawarah DPRD pada 5 Agustus yang lalu dan terbuka untuk umum.


Bupati Natuna dalam pidato pengantar nota keuangan menyampaikan beberapa point penting mengenai kondisi dan struktur dari APBD tahun anggaran 2025.


Rancangan APBD Tahun 2025 disusun dengan prinsip akuntabilitas dan transparansi dengan mempertimbangkan kebutuhan pembangunan daerah yang berkelanjutan dan berkeadilan dengan fokus prioritas pembangunan yang telah ditetapkan seperti peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.


“Kemampuan fiskal Kabupaten Natuna sangat dipengaruhi dana transfer yang menjadi latar belakang penyusunan APBD ini,” terang Bupati.


Selanjutnya Bupati juga menerangkan strategi kebijakan lainnya adalah pengembangan multipolar strategy diantaranya peningkatan investasi daerah, pemerataan layanan publik, penurunan kemiskinan, penurunan prevalensi stunting dan pengembangan sentra-sentra ekonomi serta perbaikan belanja yang lebih produktif, efektif dan akuntabel (Spending Better).


Estimasi penerimaan daerah tahun anggaran 2025 sebesar Rp 1,2 triliun dengan pendapatan yang ditargetkan sebesar Rp 1,1 triliun ditambah dengan penerimaan dan pembiayaan. Selanjutnya untuk pendapatan daerah terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer yang berasal dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.





(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama