Menparekraf Sandiaga Uno Saksikan Gelar Budaya Dendang Piwang Natuna


Menparekraf Sandiaga Uno Saksikan Gelar Budaya Dendang Piwang Natuna

Menparekraf, Sandiaga Uno -
NATUNA| KEJORANEWS.COM :  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan kerjanya di Natuna,  menghadiri dan menyaksikan langsung gelar Budaya Dendang Piwang, yang dilaksanakan di Alun-alun Pantai Piwang, Ranai, Natuna, Sabtu (3/8/2024) malam.


Setibanya di Alun-alun Pantai Piwang, Menteri Sandiaga Uno disambut dengan kesenian permainan alu tradisi khas Natuna oleh Kelompok Alu Desa Kelanga dan kemudian diarak dengan kesenian hadrah.


Tampak masyarakat Natuna sangat antusias menyambut kedatangan mas menteri pariwisata dan ekraf ini. Terlihat mas menteri Sandiaga Uno memakai baju batik.


Gelar Budaya Dendang Piwang ini diawali terlebih dahulu dengan Tari Persembahan Makan Sirih oleh Sanggar Langkadura. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ikut mencicipi makan sirih tersebut.


Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Natuna yang telah menjadikan gelar budaya dendang piwang sebagai rutinitas di setiap kecamatan untuk melestarikan kebudayaan melayu Natuna.


“Semoga kebudayaan Natuna bisa menjadi karisma nusantara,”  ujar Sandiaga Uno.


Lebih lanjut Sandiaga menuturkan, sebagai Negara yang terdiri dari bermacam-macam suku dan budaya, perlu adanya upaya pelestarian kearifan lokal serta budaya daerah.


“Mari lestarikan kearifan lokal agar tidak tergerus oleh perubahan zaman,” tuturnya.


Terakhir, Mas Menteri berharap kesenian tradisional Natuna dapat berpentas di event-event nasional maupun internasional.


“Semoga bisa naik ke event nasional dan internasional,” tambahnya.


Senada dengan yang disampaikan oleh Menparekraf, Bupati Natuna, Wan Siswandi menjelaskan dendang piwang ini dilaksanakan dengan maksud untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional Natuna.


Bupati Natuna juga mengungkapkan rasa bangganya dengan hadirnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Natuna sekaligus memberikan Anugerah Desa Wisata Indonesia kepada Desa Cemaga Tengah.


“Kebanggaan bagi kami masyarakat Natuna, mas menteri dapat berkunjung Natuna,” ujar Bupati.


Bupati Wan Siswandi berharap nanti event-event nasional maupun yang internasional yang diagendakan oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar dapet dilaksanakan di Natuna.


“Semoga event-event nasional pariwisata nanti dapat digelar di Natuna,” kata Wan Sis.


Gelar Budaya Dendang Piwang kali ini dimeriahkan dengan Tari Kreasi Bujang Telajak oleh Sanggar Seni SDN 10 Sebakung, Kesenian Tradisional Hadrah oleh Sanggar Jaya Raya, Tari Kreasi Berdulang oleh Sanggar Seni SMAN 2 Bunguran Timur, Tari Kolosal Kurik Kundi oleh Kelompok Tari Kurik Kundi, dan joget lambak bersama masyarakat.






(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama