Lanal Tarempa dan Instansi Terkait Gelar Pengecekan Dokumen Kapal dan Sosialisasi Keselamatan


Lanal Tarempa dan Instansi Terkait Gelar Pengecekan Dokumen Kapal dan Sosialisasi Keselamatan

Pengecekan dokumen kapal-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Guna mewujudkan Zero Accident di wilayah Perairan Kepulauan Anambas, jajaran Lanal Tarempa yang dikomandoi Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla gelar pengecekan sekaligus memberikan sosialisasi dan imbauan kepada pengguna transportasi laut, baik penumpang maupun pemilik kapal angkut penumpang antar pulau.



Kegiatan bersama Instansi terkait, baik dari Syahbandar, Dinas Perhubungan, Polairud, Kesbangpol dan lainnya

dilakukan di Pelabuhan Pemda atau Pelabuhan Sri Siantan, Kepulauan Anambas. Senin (05/08/2024).


Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat koordinasi dan Dengar Pendapat yang dikemas dalam acara Coffee Morning antara Lanal Tarempa bersama instansi terkait dalam bidang pelayaran dan perhubungan laut yang diselenggarakan oleh Danlanal Tarempa beberapa waktu lalu. 


Adapun sasaran pengecekan antara lain dokumen kapal dan awak kapal, alat keselamatan kapal, alat navigasi dan radio, kelaikan kapal dan permesinan. Sedangkan sosialisasi

tentang pentingnya alat keselamatan di laut guna mengantisipasi dan meminimalisir adanya korban jiwa akibat kecelakaan di laut, dilakukan kepada nahkoda dan crew kapal serta penumpang kapal.


"Dalam kesempatan kali ini, kita semua hadir saat ini guna melakukan pengecekan terhadap kapal-kapal yang beroperasi di wilayah Kepulauan Anambas khususnya kapal angkut penumpang. Adapun yang kita akan cek antara lain dokumen kapal dan awak kapal, alat keselamatan kapal, alat navigasi dan radio, kelaikan kapal dan permesinan. Selanjutnya memberikan sosialisasi kepada nahkoda dan crew kapal serta penumpang kapal akan pentingnya alat keselamatan di laut guna mengantisipasi dan meminimalisir adanya korban jiwa akibat kecelakaan di laut", ucap Danlanal Tarempa. 


Kepada awak media, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M. Tr. Opsla juga menyampaikan bahwa pengecekan dan sosialisasi semacam ini akan dilaksanakan secara bertahap,  bertingkat dan berkelanjutan guna menciptakan tertib lalu lintas laut dan mencegah serta meminimalisir adanya korban jiwa apabila terjadi laka laut.

 

Selanjutnya Komandan Lanal Tarempa juga menyampaikan dan berpesan kepada Dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan agar dilaksanakan penertiban area parkir di sekitar pelabuhan dan sepanjang jalan menuju pelabuhan guna mempermudah akses masuk Ambulance dan kendaraan emergency menuju pelabuhan. 


Pada saat yang bersamaan pihak BNPB Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan pinjam pakai alat keselamatan penumpang kapal berupa baju pelampung (Life Jacket) kepada para penumpang kapal, dan untuk ke depannya agar pemilik kapal dapat menyediakan baju pelampung secara mandiri.


Hadir dalam kegiatan diantaranya Danlanal Tarempa, Dandim 0318/Natuna diwakili Danramil 02/Tarempa, Kapolres Kep. Anambas diwakili Kapolsek Siantan, Kasat Polairud Polres Anambas, Ka Dishub Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala Pelaksana Harian Syahbandar Tarempa, Sekretaris DPPP Kab. Kep. Anambas, Kaban Bakesbangpol, Kepala Bea Cukai Tarempa, Pos Basarnas Tarempa, BPBD Kab. Kepulauan Anambas, PSDKP Kab. Kepulauan Anambas, Cabang Dinas Perikanan Provinsi dan tokoh pemuda serta tokoh masyarakat Siantan.



 Yuni S/ Penlanal Tarempa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama