KPU Kota Banjar, Juara Pertama Menyelesaikan Coklit Tercepat di Jawa Barat 


KPU Kota Banjar, Juara Pertama Menyelesaikan Coklit Tercepat di Jawa Barat 

Evaluasi Coklit -
BANJAR I KEJORANEWS.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar menggelar kegiatan evaluasi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kota Banjar pada Pilkada serentak tahun 2024, di Banjar Convention Hall (BCH), Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Jum'at (23/8/2024).


Dilaksanakannya kegiatan tersebut, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, juga Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2024 tentang penyusunan Daftar Pemilih dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar.


Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Banjar, Moch Wahab Hasbullah mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan adalah untuk mengevaluasi pemuktahiran Coklit.


"Sebetulnya tahapan Coklit itu dilaksanakan di bulan Juli, namun karena tahapan yang sangat padat, sehingga kegiatan ini digeser di bulan Agustus ini" ungkapnya.


Wahab menjelaskan, meskipun untuk pelaksanaan proses Coklit selama satu bulan, namun karena menjalankan tahapan,, maka dalam waktu satu bulan itu dimaksimalkan.


" Meskipun begitu kami berharap, ke depan agar proses dalam pelaksanaan Coklit agar bisa lebih akurat, kalau bisa diberikan waktu yang cukup, kalau bisa ya dua bulan, karena menurutnya ketika petugas Pantarlih berkunjung ke masyarakat itu ada yang ada ditempat dan ada yang tidak ada ditempat. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama," ucapnya.


Dikatakan Wahab, Kota Banjar termasuk Coklit tercepat di Jawa Barat," tambahnya.


Lanjutnya mengatakan, bahwa proses Coklit yang dilakukan oleh petugas Pantarlih sudah bagus, namun meskipun begitu, ia berharap dengan adanya kegiatan evaluasi Coklit ke depan proses Coklit bisa lebih baik lagi. 


Ia menerangkan bahwa pembenahan dalam proses Coklit dasarnya dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), sehingga agar dapat memudahkan para petugas Pantarlih, ia berharap ke depan Pemerintah dalam menyajikan DP4 itu sudah lebih baik lagi.


"Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap petugas Pantarlih, selain Sertifikat Penghargaan, ada Penghargaan Kategori Pantarlih Coklit tercepat, paling rapih dalam melaksanakan laporan dan penghargaan-penghargaan lainnya," pungkas Moch Wahab.

Petugas KPU Kota Banjar, Membacakan Nominasi Coklit Award 2024


 (ASEP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama