Dengan Semangat Nasionalisme, Masyarakat Kecamatan Pinupahar Menggelar HUT RI ke-79


Dengan Semangat Nasionalisme, Masyarakat Kecamatan Pinupahar Menggelar HUT RI ke-79

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih


SUMBA RIMUR I KEJORANEWS. COM: Dengan semangat kemerdekaan, Masyarakat kecamatan Pinupahar menggelar Upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79. 

Pelaksanaan upacara kenaikan bendera berlangsung, Sabtu 17/8/24 di kompleks Kantor Kecamatan Pinupahar, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan semangat Nasionalis.


Upacara pengibaran bendera dipimpin oleh Inspektur upacara Camat Pinupahar Umbu Kudu Ratu Ama, SH. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pinupahar, Hendrik Umbu Anaratu.


Camat Pinupahar Umbu Kudu Ratu Ama, SH


Camat Pinupahar Umbu Kudu Ratu Ama,  SH menyampaikan, hari ini kita sebagai warga negara republik Indonesia bersyukur dan bersukacita karena dalam usia yang ke 79 dalam perjalanan bangsa dan negara republik Indonesia dengan berbagai tantangan atau hambatan yang dihadapi jiwa dan raga para pahlawan kita yang gugur di medan perang, hari ini kita dengan semangat nasionalisme yang tinggi kita kibarkan bendera merah putih, sebagai wujud memperingati buah dari kemerdekaan negara tercinta kita yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita dari para penjajah.


Lebih lanjut, Umbu Kudu berpesan "kepada generasi muda untuk mengisi kemerdekaan melakukan berkarya dengan nyata, seperti belajar dengan tekun, berprestasi dan berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat, dan berikan semangat perjuangan menghormati jiwa pahlawan dengan menjadi pelajar berprestasi dan berkarakter menuju Indonesia maju dan sejahtera",  jelas Umbu Kudu.


Kapolres Sumba Timur AKBP Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi melalui Kapolsek Pinupahar Ipda Untuntana, S.Ag menyampaikan Uapacara pengibaran bendera hari ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 diharapkan agar seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih secara serentak dalam rangka menumbuhkan semangat nasionalisme dan mempererat persatuan di tengah masyarakat, terang Untuntana.


“Kami mengajak seluruh masyarakat Pinupahar untuk bersama-sama mengibarkan bendera merah putih mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2024. Ini sebagai bentuk penghormatan kita terhadap para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa ini,” ujarnya.


Sebagian kegiatan perlombaan tengah berlangsung untuk meriahkan HUT RI ke-79, yang diselenggarakan dari tanggal 10 hingga tanggal 20. Hindari kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan perlombaan itu berlangsung, tandas Untuntana.


Turut hadir dalam upacara pengibaran bendera, Camat Pinupahar selaku Inspektur upacara, jajaran TNI-POLRI, OPD, ASN, SD, SMP, SMA se kecamatan Pinupahar serta seluruh masyarakat kecamatan Pinupahar.


(Guntur)









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama