Bawaslu dan Pemkab Natuna Launching Pengawasan Partisipatif Pilkada


Bawaslu dan Pemkab Natuna Launching Pengawasan Partisipatif Pilkada

Sekda Natuna, Boy Wijarnako -
NATUNA| KEJORANEWS.COM :  Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Natuna menggelar Launching Pengawasan Partisipatif Pilkada yang bertempat di Alun-alun Pantai Piwang, Ranai, Minggu (25/8/2024).


Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko Varianto yang turut meluncurkan langsung pengawasan pilkada hari itu, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan kegiatan Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.


“Tanpa adanya kolaborasi serta partisipasi seluruh elemen masyarakat, bawaslu tidak akan mampu melakukan pengawasan ini secara menyeluruh, mari bersama kita sukseskan pilkada 2024 ini agar berjalan dengan aman dan lancar dengan turut ikut mengawasi jalannya pilkada,” kata Boy Wijanarko.


Sementara, Perwakilan Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Rosnawati pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pengawasan yang optimal tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilihan, namun juga memastikan bahwa suara rakyat benar-benar terwakili.


“Pengawasan partisipatif ini merupakan program prioritas kita bersama, kami berharap masyarakat aktif untuk mengawasi pilkada ini, berhasil atau tidaknya itu berada dalam genggaman kita,” ujarnya.


Selain itu, transparansi dan akuntabilitas pun menjadi fokus utama, dimana setiap tahapan pemilihan mulai dari kampanye hingga penghitungan suara dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.


“Pilkada Kabupaten Natuna ini adalah milik masyarakat Natuna, maka dari itu mari bersama kita komitmen mengawasi pesta pilkada ini agar berjalan jujur, damai dan berintegritas, serta bebas dari politik uang dan bebas dari penyebaran hoax,” tambah Rosnawati.


Dihadiri ratusan masyarakat, launching ini sekaligus menjadi kegiatan sosialisai kepada masyarakat untuk aktif dalam proses mengoptimalkan pengawasan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Natuna.


Adapun kegiatan dirangkaikan dengan senam bersama masyarakat serta acara hiburan nyanyian dan tarian sebagai salah satu bentuk solidaritas pengawas, pelaksana bersama masyarakat dalam mensukseskan Pilkada Natuna tahun 2024.

Perwakilan Bawaslu Kepri Rosnawati





Dayat

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama