Wakil Bupati Natuna Imbau Seluruh Elemen untuk Lawan Polio


Wakil Bupati Natuna Imbau Seluruh Elemen untuk Lawan Polio

Wabup Natuna Rodhial Huda -
NATUNA| KEJORANEWS.COM :  Dalam rangka pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda yang didampingi Ketua dan Ketua II Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Natuna menghadiri sekaligus membuka kegiatan PIN Polio yang dilaksanakan di SDN 003 Singgang Bulan, Kecamatan Bunguran Selatan, Jum’at (26/7/2024).

Dalam kesempatannya, Rodhial Huda menyampaikan betapa pentingnya pemberian imunisasi secara masif yang perlu dilakukan melalui pekan imunisasi polio, dengan cakupan tinggi serta merata, guna untuk memutus rantai virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen bahkan kematian.

“Tidak ada obat untuk penyakit polio, namun penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi dengan vaksin polio tetes dan injeksi, ini merupakan pencegahan terbaik untuk melindungi generasi muda kita terhadap penyakit polio yang sangat berbahaya, ini juga merupakan komitmen kita bersama untuk mewujudkan Indonesia bebas polio khususnya di Kabupaten Natuna” terangnya.



Oleh karena itu, Rodhial Huda mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan PIN Polio di Kabupaten Natuna agar dapat melindungi anak-anak dari bahaya Polio.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau seluruh komponen masyarakat, lintas sektor dan lintas program terkait untuk berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan ini dengan perannya masing-masing,” pungkas Rodhial Huda.



Pencanangan PIN Polio dengan 2 kali pemberian imunisasi yang serentak dilakukan di sejumlah wilayah Indonesia sudah berlangsung sejak 23 Juli 2024 hingga sepekan mendatang ini dilakukan bersamaan dengan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2024 yang mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” yang mana maksud dari kata terlindungi antara lain secara fisik maupun mental.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Natuna, Ny. Septi Dwiani Wan Siswandi menyampaikan melalui sejumlah langkah-langkah penting baik dari sosialisasi, pembinaan, pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Ia menargetkan yaitu sebanyak 7729 orang anak usia 0-7 Tahun di Natuna yang harus mendapatkan Imunisasi Polio.


“Kegiatan PIN Polio pemberian dosis pertama sebelumnya telah dilaksanakan dari tanggal 23 Juli, sudah 4843 anak yang telah mendapatkan vaksin polio, dengan kata lain telah mencapai 62,66% dari target yang ingin dicapai yaitu minimal 95%, semoga dibantu dengan para kader PKK Natuna dapat mencapai target yang diharapkan,” terang Septi.

Pada kesempatan ini, di Provinsi Kepulauan Riau juga turut dilaksanakan PIN Polio di sejumlah wilayah yaitu Kepulauan Anambas, Karimun, dan Natuna, dengan turut dihadiri Gubernur Kepulauan Riau secara daring melalui media Zoom Meeting.


Kemudian, Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Natuna bersama Ketua dan Ketua II TP PKK Kabupaten Natuna juga turut serta membagikan vaksin imunisasi untuk anak-anak usia 0 tahun hingga 7 tahun yang hadir dalam acara tersebut.

Setelah akan tercapai target dari imunisasi tahap pertama ini, Pemerintah Kabupaten Natuna akan melanjutkan kembali pemberian imunisasi tetes polio pada tahap dua bagi anak-anak yang telah mendapat imunisasi tahap pertama pemberian tetes manis polio.






(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama