Pemkab Natuna Gelar Rapat Koordinasi Program Pembinaan Desa Cinta Statistik Tahun 2024


Pemkab Natuna Gelar Rapat Koordinasi Program Pembinaan Desa Cinta Statistik Tahun 2024

Rapat Koordinasi -
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) selaku Koordinator Forum Satu Data Kabupaten Natuna menggelar Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia Program Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor BP3D, Rabu (31/7/2024).


Rapat diawali dengan pemaparan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai program pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Tahun 2024. Progam Desa Cantik Ini merupakan amanat UU No.16 Tahun 1997 tentang Statistik yaitu BPS bertanggung jawab melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan statistik.


Program Pembinaan Desa Cantik merupakan salah satu bentuk pembangunan satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan, dimana diharapkan melalui program Pembinaan Desa Cantik ini dapat mengoptimalkan sistem informasi desa berbasis masyarakat.


Secara umum, program Pembinaan Desa Cantik yang dirancang oleh BPS Kabupaten Natuna secara umum bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.


Sementara itu, program ini dilaksanakan seluruh Indonesia di 502 desa/Kelurahan se indonesia setiap kabupaten/kota ada 1 desa/kelurhaan yang menjadi desa binaan. Adapun dalam rapat koordinasi tersebut, Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut yang dipilih menjadi Desa Binaan di Kabupaten Natuna. Pembinaan dilakukan sebagai stimulus agar statistik di Desa/Kelurahan semakin baik.


Sebelumnya, Diskominfo Natuna selaku pembina data statistik bersama BPS telah melakukan pemantauan kriteria, sehingga terpantau Desa Limau Manis terpilih menjadi Pembinaan Desa Cantik.


Program Pembinaan Desa Cantik ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa dalam rangka mendukung program kegiatan pemerintah.





(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama