Pasca Laka Laut, Lanal Tarempa Ajak Instansi Terkait Kerja Sama Perhatikan Penggunaan Transportasi Laut


Pasca Laka Laut, Lanal Tarempa Ajak Instansi Terkait Kerja Sama Perhatikan Penggunaan Transportasi Laut

Danlanal Tarempa dan Perwakilan Instansi Terkait -
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Bertempat di Gedung Napoleon Lanal Tarempa Jl. Kartini Kec. Siantan Kab. Kepulauan Anambas, Komandan Pangkalan TNI AL Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana S.E., M.Tr. Opsla mengundang dan mengajak Stakeholder unsur maritim dalam acara Coffee Morning dengan agenda diskusi dan dengar pendapat penegakan hukum dan aturan berlayar terhadap pengguna jasa transportasi laut terkait pasca kejadian Laka Laut KM. Samarinda pada 26 Juli 2024 beberapa waktu lalu. 


" Selain untuk menjaga silaturahmi yang telah terjalin selama ini, acara Coffee Morning ini bertujuan untuk membahas dan mengajak instansi terkait dalam hubungannya dengan perhubungan laut dan jasa transportasi laut untuk berkerja sama mengkomunikasikan kejadian apabila ada kejadian menonjol di laut seperti Laka Laut dan pelanggaran hukum di laut khusus nya di wilayah perairan Kepulauan Anambas. Sehingga kami dan jajaran instansi terkait seperti Basarnas, Polairud dan BPBD dapat merespon cepat," ujar Danlanal Tarempa. Selasa (30/7/2024).


 "Sebelumnya saya selaku Komandan Lanal Tarempa beserta seluruh prajurit turut berdukacita atas kecelakaan laut KM. Samarinda, semoga korban yang telah meninggal dunia mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarganya di berikan kekuatan. Kita di sini sekaligus membahas hal-hal apa saja yang perlu di perhatikan kedepannya terkait sarana transportasi laut dan pengguna jasa transportasi laut di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, yang mana hampir 80 % ruang wilayah kita adalah laut, tentu perlu mendapat perhatian khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti Laka Laut dan tindak pidana laut lainnya" tambah Danlanal Letkol Laut (P) Ari Sukmana.


Lanjut Danlanal, pihaknya melalui para Babinpotmar yang tersebar di seluruh wilayah Kepulauan Anambas dan juga melalui para Danposal jajaran Lanal Tarempa menekankan untuk selalu mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan transportasi laut seperti Kapal Ferry, Pompong maupun Speedboat dsb, untuk selalu perhatikan keselamatan dan kelengkapan alat keselamatan (life jacket) saat berlayar terutama kapal penumpang harus memperhatikan jumlah penumpang dan muatan kapal agar tidak melebihi kapasitas (over load) agar tidak terjadi kecelakaan dilaut.

 


"Mari dengan adanya kegiatan Coffee Morning ini diharapkan adanya win win solution serta aksi lanjutan dari Instansi terkait dalam pengawasan kapal - kapal yang beraktivitas di wilayah Anambas baik kapal antar pulau, kapal nelayan, kapal niaga, kapal kargo dan kapal penumpang lainnya. Untuk itu mari kita bersama jalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama serta  sinergitas guna menciptakan keamanan serta kenyamanan penggunaan transportasi laut di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas ini", tutup Danlanal Tarempa 


Akhirnya, adapun hasil diskusi dan dengar pendapat pada acara Coffee Morning, Komandan Lanal Tarempa menyampaikan bahwa ke depan pihaknya bersama instansi terkait sepakat akan melakukan dan memberlakukan pendataan terhadap transportasi pengguna laut serta kapal nelayan, memberikan sosialisasi tentang keselamatan berlayar, penegakan aturan hukum pelayaran dan lalulintas laut, menertibkan adminitrasi kelengkapan dokumen kapal, bersama ciptakan situasi dan kondisi laut di wilayah Kepulauan Anambas yang aman menuju Kepulauan Anambas Zero Accident. 


Hadir dalam kegiatan itu diantaranya jajaran perwira staf Lanal Tarempa, Kapolres Anambas diwakili Kasatpolair, Danramil 02 Tarempa, Kadishub dan LH Kepulauan Anambas, Dinas Kominfo Kepulauan Anambas, Kabankesbangpol KKA, Kepala Bea Cukai Tarempa, Perwakilan Pos SAR Anambas, Sekretaris DP3, Sekretaris BPBD Anambas Kepala Syahbandar Tarempa, SROP Tarempa, PSDKP, dan instansi terkait lainnya. 


Yuni S/ penlanalTR

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama