KPU Kota Banjar Gelar FGD Bersama Media Massa Pada Pilkada 2024


KPU Kota Banjar Gelar FGD Bersama Media Massa Pada Pilkada 2024

Komisioner KPU Banjar-
BANJAR I KEJORANEWS.COM :  Dalam upaya menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, KPU Kota Banjar menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama para media di Kota Banjar. 


Kegiatan tersebut mengambil tema "Peran Media Massa Dalam Pilkada Tahun 2024 di Kota Banjar.


Kegiatan Diskusi yang melibatkan para media tersebut dilaksanakan disalah satu Caffe Jalan Husein Kartasasmita, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (10/7/2024).


Irfan Saeful Rohman, Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, membuka diskusi dengan penegasan mengenai pentingnya tentang verifikasi faktual.


"Kota Banjar memiliki calon Wali kota perseorangan, sehingga verifikasi faktual menjadi kunci untuk memastikan keabsahan dukungan 15.393 KTP dari masyarakat," ucap Irfan. 


Terangnya, proses ini dijadwalkan akan segera rampung pada tanggal 19 Juli 2024, dan KPU diberikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan verifikasi dengan cermat.


Selanjutnya, Moch Wahab Hasbullah,  Divisi Perencanaan data dan informasi menyampaikan mengenai tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pada Pilkada tahun 2024.


"Coklit bukan sekadar tanggung jawab KPU saja, tapi juga memerlukan dukungan penuh dari media massa. Guna menginformasikan pentingnya pencocokan data pemilih langsung di lapangan," ucap Wahab. 


Kesuksesan Coklit akan memastikan DPT yang akurat untuk Pilkada mendatang, termasuk dalam persiapan logistik. Tidak hanya itu, perubahan kebijakan jumlah TPS juga menjadi perhatian.


"Dari 284 TPS tersebut, jumlah pemilih meningkat menjadi 575 hingga 600 per TPS sesuai kebijakan baru. Ini membutuhkan sosialisasi yang masif agar masyarakat memahami perubahan ini," tambah Wahab. 


Lebih lanjut, Wahab menekankan pentingnya pelaporan pemilih yang meninggal setelah penetapan DPT agar data tetap akurat dan mutakhir," jelas Wahab.


Kemudian, Nurhasanah, Divisi bagian Sumber Daya Manusia dan Parmas mengajak untuk memperkuat sinergi antara KPU dan media massa.


"FGD ini bukan hanya ajang silaturahmi, tetapi juga momentum penting bagi media untuk menyebarluaskan informasi tahapan Pilkada 2024 ini. Kami berharap media dapat mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dan mengikuti setiap tahapan dengan baik," Ucap Nurhasanah.


Dengan antusiasme tinggi dari peserta diskusi, KPU Kota Banjar optimis peran aktif media massa akan meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2024.



 (ASEP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama