Hadapi Musim Kemarau, Desa Binangun Sediakan 137 Titik Penyediaan Air Bersih


Hadapi Musim Kemarau, Desa Binangun Sediakan 137 Titik Penyediaan Air Bersih

"Yogy Indrijadi" (Kemeja Biru) Perwakilan Perumda Tirta Anom
dan Kabid Cipta Karya PUTR "Irman Nurachman"
BANJAR I KEJORANEWS : Memasuki musim kemarau, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar adakan program penyediaan air bersih guna menyediakan kebutuhan masyarakat dalam menghadapi musim kemarau.


Dede Harisman, Penjabat Kepala Desa Binangun merencanakan untuk memasang 137 titik penyediaan air bersih.


Sebelumnya, ada sekitar 280 yang diusulkan, namun setelah diverifikasi oleh Dinas PUTR dan PDAM, ada beberapa usulan terpaksa dibatalkan," ucapnya. Selasa (30/7/2024).


Lanjut, Dede, verifikasi lapangan tersebut diperlukan karena beberapa usulan terlalu jauh dan sulit dijangkau.


" Selain itu, terdapat kendala dari masyarakat yang sebelumnya siap tetapi berubah pikiran saat diverifikasi," jelasnya.


Dari total usulan, ada 143 titik tidak lolos verifikasi, namun pihaknya akan mengajukan kembali untuk tahun Anggaran berikutnya, yaitu anggaran tahun 2025.


"Dari total 280 yang diajukan, terdapat 143 titik yang tidak lolos verifikasi," jelas Dede.


Pemasangan titik air bersih ini dijadwalkan akan dimulai awal Agustus dan berlangsung selama 120 hari, dengan target selesai akhir November. Program ini meliputi Kecamatan Banjar, termasuk wilayah desa cibeureum, desa Jajawar dan Desa Binangun dengan prioritas utama pada masyarakat yang mengalami kesulitan air.


" Daerah yang menjadi prioritas utama adalah daerah Binangun yang kerap kekurangan air saat musim kemarau," ucap Dede.


Dikatakan Dede, pihaknya juga telah mengajukan permohonan bantuan ke BPBD dan dinas terkait untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat.


Khusus untuk Dusun Girimulya, telah diajukan surat permohonan kepada Walikota untuk bantuan tanki air atau penyalurannya. 


Sedangkan sumber air di Dusun Priagung, Sukamanah, katanya, sudah dapat dimanfaatkan untuk rumah tangga. Meskipun kapasitasnya masih terbatas dan hanya mencukupi sekitar 50 kepala keluarga.


Dede berharap, program ini dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan," tuturnya.


Sementara, Yogy Indrijadi, perwakilan dari PDAM Tirta Anom Kota Banjar menyampaikan, Masyarakat Desa Binangun ini animonya cukup tinggi atas kebutuhan Air tersebut. Sehingga kedepan sudah menjadi kewajiban SOP Perumda dan melayani masyarakat pelanggan semaksimal mungkin.


" Dari data kami ada 137 yang disampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Banjar dan data tersebut berdasarkan data dari masyarakat langsung," ucapnya.


Menurut Yogy Indrijadi, 137 Sambungan Rumah (SR) tersebut, berlokasi di dusun pangasinan dan dusun Girimulya. Mudah-mudahan kedepan keberlangsungan untuk Sambungan Rumah (SR) ini bisa menambah kuota. Sehingga kami selaku operator akan banyak berkoordinasi dengan pihak cipta karya," ujarnya


( ASEP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama