Pandangan Umum Fraksi-fraksi Terhadap RPJPD 2025-2045 dan 2 Ranperda Inisiatif dan Jawaban Bupati Sampang


Pandangan Umum Fraksi-fraksi Terhadap RPJPD 2025-2045 dan 2 Ranperda Inisiatif dan Jawaban Bupati Sampang


SAMPANG I KEJORANEWS.COM: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif. Kamis, 11 Juli 2024

Rapat yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Sampang ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I, Amin Arif Tirtana, dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang serta para anggota DPRD dan Forpimda Kabupaten Sampang serta semua Kepala Dinas dan Camat se-Kabupaten Sampang.

Dalam rapat paripurna ini, masing-masing fraksi menyampaikan pandangan umumnya terhadap RPJPD 2025-2045 dan dua Ranperda inisiatif. Berikut adalah pandangan umum dari beberapa fraksi:

1. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP):
   Fraksi PDIP menyambut baik RPJPD 2025-2045 yang diharapkan mampu membawa Kabupaten Sampang menuju pembangunan yang lebih berkelanjutan. Namun, PDIP menekankan perlunya fokus pada peningkatan infrastruktur dan pengembangan sektor pertanian yang menjadi tulang punggung ekonomi daerah.

2. Fraksi Partai Golkar:
   Fraksi Partai Golkar menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan keterampilan. Selain itu, Golkar juga mengusulkan agar Ranperda inisiatif lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja baru.

3. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB):
   Fraksi PKB mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam menyusun RPJPD yang komprehensif. PKB mengusulkan agar perhatian lebih diberikan pada pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

4. Fraksi Partai Gerindra:
   Fraksi Partai Gerindra mengingatkan agar RPJPD 2025-2045 dan Ranperda inisiatif harus realistis dan dapat diimplementasikan dengan baik. Gerindra juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam merealisasikan program-program pembangunan.

Setelah pandangan umum dari masing-masing fraksi, terhadap Pj Bupati Sampang melalui Sekda Sampang nantinya Pemerintah daerah akan memberikan jawaban dan tanggapan atas pandangan umum tersebut.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan yang konstruktif dari para fraksi. Pihaknya juga menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus bekerja keras demi mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Sampang yang lebih maju dan sejahtera.

"Berdasarkan masukan dari fraksi-fraksi, kami akan melakukan penyesuaian dan perbaikan terhadap RPJPD 2025-2045 dan dua Ranperda inisiatif ini. Kami juga akan memastikan program-program yang dicanangkan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujarnya.

Rapat paripurna ini diakhiri dengan penyerahan berita acara oleh Wakil Ketua I DPRD, Sekda Kabupaten Sampang, yang disampaikan para perwakilan fraksi. Dengan berakhirnya rapat ini, diharapkan proses penyusunan RPJPD 2025-2045 dan dua Ranperda inisiatif dapat segera diselesaikan dan diimplementasikan untuk kemajuan Kabupaten Sampang. Mk/ans

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama