Pemkab Natuna Siapkan Delapan Ambulance untuk 7 Puskesmas dan Rumah Singgah


Pemkab Natuna Siapkan Delapan Ambulance untuk 7 Puskesmas dan Rumah Singgah

Mobil Ambulance -
NATUNA | KEJORANEWS.COM :  Guna menunjang dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Natuna, Pemerintah Kabupaten Natuna, menyiapkan 8 unit mobil ambulance untuk 7 puskesmas dan 1 unit mobil ambulance untuk rumah singgah pasien Natuna yang ada di Kota Batam.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi di kediamannya pada Minggu (02/06/2024), saat ditanya terkait adanya foto yang menampakan 1 unit mobil ambulance di depan rumah singgah pasien Natuna di Kota Batam.


“Saya ingin masyarakat yang sakit mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, nyaman, dan ingin meringankan beban masyarakat, serta cepat tanggap apabila ada pasien yang dirujuk ke rumah sakit di Batam,” jelas Wan Siswandi, Minggu (2/6/2024).


Wan Siswandi menerangkan, 8 mobil ambulance tersebut berasal dari APBD sebanyak 2 unit serta dari Dana DAK Kemenkes 6 unit hasil usulan dari Pemda Natuna tahun 2023.


“Dengan anggaran yang minim, saya bersama Pak Wakil Bupati mengakalinya dengan memohon ke kementerian terkait, agar pelayan kesehatan di Kabupaten Natuna dapat merata di setiap kecamatannya dan Alhamdulillah kita mendapatkan 6 mobil dari dana DAK dan 2 sisanya dari APBD kita,”  tambah Wan Siswandi.


Diharapkan, dengan adanya 8 unit mobil ambulance ini dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan pemerataan pelayanan di setiap kecamatan.


“Semoga dengan adanya mobil ambulance ini masyarakat Natuna mendapatkan pelayanan optimal ketika sedang sakit dan membutuhkan pelayanan secepatnya dengan adanya mobil untuk mobilitas dan semakin meratanya pelayanan kesehatan yang ada di tiap kecamatan,”  ujarnya.


Hal ini juga diterangkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah saat diwawancarai oleh Pewarta Kominfo, bahwa 8 unit mobil ambulance ini diperuntukan untuk 7 Puskesmas yang terdiri dari Puskesmas Bunguran Barat yang ada di Sedanau, Puskesmas Bunguran Tengah, Puskesmas Bunguran Utara yang ada di Kelarik, Puskesmas Midai, Puskesmas Suak Midai, Puskesmas Subi, dan Puskesmas Pulau Tiga Barat serta satu unit mobil untuk rumah singgah pasien Natuna yang ada di Kota Batam.


“Rencananya nanti untuk Ambulance yang sudah berada di Rumah Singgah Batam akan diresmikan langsung oleh Bupati Natuna setelah Bupati kembali dari kegiatannya di Jakarta,” jelas Hikmat Aliansyah.


Kemudian untuk 7 unit mobil ambulance sisanya tengah dipersiapkan dan akan dikirim menggunakan Kapal Roro.


“Untuk sisa mobil lainnya sedang dipersiapkan dan akan dikirim menggunakan Kapal Roro dan Insya Allah Bulan Juni ini semua siap dan akan diresmikan oleh Bupati Natuna saat Kunjungan Kerjanya ke Kecamatan terkait,”  tutup Hikmat Aliansyah.


(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama