Pemkab Natuna Gelar Forum Kolaborasi SPBE


Pemkab Natuna Gelar Forum Kolaborasi SPBE

Sekda Natuna, Boy Wijarnako -
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Optimalisasi pelaksanaan kinerja melalui transformasi pemerintahan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Forum Kolaborasi SPBE yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Kamis (27/06/2024).


Rapat  dibuka oleh Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko, tersebut membahas sejumlah hal terutama upaya percepatan mewujudkan pemerintahan digital, yang memiliki tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.


Boy Wijanarko  menyampaikan arahan terkait keberadaan forum kolaborasi SPBE diharapkan, dapat mengoptimalkan penyempurnaan sistem pemerintahan dan cara kerja organisasi yang rapih dan terstruktur untuk diimplementasikan secara elektronik.


“Rapat koordinasi SPBE kali ini tentunya adalah untuk meningkatkan kolaborasi seluruh OPD, tujuannya penting untuk menyamakan koordinasi dan persepsi terkait arsitektur SPBE yang akan dibangun di Kabupaten Natuna, hal ini bukanlah sesuatu yang dikerjakan satu pihak saja, melainkan harus saling berkolaborasi dan perlu keterpaduan antar OPD,” ucapnya.


Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Natuna yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo, Wan Udayani menyampaikan, bahwa keberhasilan SPBE tidak hanya terletak pada infrastruktur dan teknologi, tetapi juga pada sinergi dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat. Inilah mengapa kolaborasi stakeholder menjadi kunci utama dalam merancang dan melaksanakan SPBE secara efektif.


“Faktor yang menjadi kunci utama dalam merancang dan melaksanakan SPBE secara efektif antara lain pemerintah sebagai penggerak utama, kemudian kontribusi sektor swasta untuk Inovasi dan teknologi, peran akademisi dalam penelitian dan pengembangan, serta partisipasi masyarakat untuk keberlanjutan, dan tentunya forum kolaborasi sebagai wadah sinergi," kata Wan Udayani.


Ia juga menerangkan tiga kunci penting dalam pelaksanaan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik.


“SPBE adalah penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE ini memegang tiga kunci penting yaitu penyelenggaraan pemerintah, teknologi informasi dan komunikasi atau disingkat dengan TIK serta yang terakhir layanan,” tambahnya.


Adapun susunan keanggotaan Forum atau Tim Koordinasi SPBE di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna yaitu Bupati Natuna sebagai Pembina, Sekretaris Daerah Natuna sebagai Ketua, Kepala Dinas Kominfo sebagai Sekretaris, dan seluruh OPD bersama Camat sebagai anggota.


Rapat kemudian dilanjutkan dengan mendiskusikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan SPBE serta menawarkan berbagai solusi dari kendala yang ada, terutama pada indikator masing-masing domain SPBE guna menaikkan indeks SPBE di Kabupaten Natuna.


Kesempatan seperti ini  akan dilakukan secara rutin oleh tim koordinasi sebagai wujud konsisten dan keseriusan dalam meningkatkan implementasi SPBE di Kabupaten Natuna.





(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama