Asisten I Pemkab Natuna Buka Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wira Usaha Sentra IKM


Asisten I Pemkab Natuna Buka Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wira Usaha Sentra IKM

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat,
Khaidir -
NATUNA | KEJORANEWS.COM :  Dalam rangka mendukung pengembangan daerah melalui peningkatan SDM yang memiliki jiwa kewirausahaan dan terciptanya pengelolaan bisnis dan manajemen Industri Kecil Menengah, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) menggelar Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wira Usaha Sentra Industri Kecil Menengah yang dilaksanakan di Aula Hotel Natuna Dive Resort, Sepempang. Rabu (12/06/2024) pagi.


Kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Khaidir dan menghadirkan pemateri yang berasal dari Universitas Padjajaran, Bandung dengan pemateri Prof. Dr. Mohammad Benny Alexandri, S.E., M.M dan Cecep Safaatul Barkah, S.AB., M.AB., MBA


Asisten I, Khaidir dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Natuna dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan sentra industri kecil menengah.


“Pengembangan dan penguatan perekonomian masyarakat memang senantiasa menjadi fokus Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang di mana pembinaan dan pengembangan industri kecil menengah sehingga dapat terbentuknya pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha,” terangnya


Lebih lanjut, Khaidir juga menambahkan bahwa pemberdayaan industri kecil menengah memerlukan kontribusi yang sinergi dari berbagai stakeholders seperti OPD terkait, BUMN, Perbankan, Distributor retail.


“Sinergitas ini diharapkan dapat menuntun pemberdayaan usaha mikro kecil menengah untuk membawa kebermanfaatan dan memberikan multiple effect untuk mendukung industri kecil menengah di Kabupaten Natuna,” ujarnya.


Terakhir, Khaidir berharap dengan adanya Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wira Usaha Sentra IKM ini peserta pelatihan dapat mengetahui cara mendapatkan strategi pengembangan pengelolaan bisnis, juga memiliki wawasan dan pengetahuan cara membangun suatu usaha yang layak dengan melengkapi legalitas usaha.


“Semoga pelatihan ini menjadi upaya bersama yang diberkahi Allah dan pada akhirnya kepada-Nya kita bertawakal dan berserah diri,” harapnya


Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang yang berasal dari pelaku usaha yang aktif dan bergabung pada sentra industri kecil menengah dan usaha keripik kerupuk serta pengelolaan hasil laut.





(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama