Sumber Air Kering, PDAM Tirtanusa Suplai Air Pakai Truk Tangki


Sumber Air Kering, PDAM Tirtanusa Suplai Air Pakai Truk Tangki

Truk Tanki Perumda Tirtanusa-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Musim panas yang berkepanjangan di Pulau Natuna besar, menyebabkan sumber air bersih milik PDAM/Perumda Tirtanusa Kering. Hal ini berdampak pada suplai air ke rumah pelanggan  yang tak dapat dilakukan menggunakan jaringan pipa, karena debit air sudah tidak memungkinkan.


Direktur PDAM Tirtanusa, H. Zaharudin di Ranai mengatakan, untuk sumber air di gunung Ranai, hanya tinggal sekitar 20 persen, sementara sumber dari gunung bukit berangin, yang tersisa sekitar 40 persen lagi.


"Kalau untuk sumber gunung Ranai, hanya tinggal sekitar 20 persen, kita terbantu oleh sumber dari gunung bukit berangin, yang tersisa sekitar 40 persen lagi," ungkapnya, Jum'at (3/5/2024).


Sementara itu guna memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan, PDAM melakukan suplai air bersih dengan menggunakan 2 armada mobil tanki, kepada pelanggan.


Namun Zaharudin mengakui jika suplai menggunakan mobil tanki ini tidak maksimal dilakukan, karena tidak dapat melayani semua pelanggan.


"Kami bantu melalui penyuplaian dengan menggunakan mobil tangki, hanya di daerah tertentu  yang agak sulit airnya," kata dia.


Selain pelanggan, suplai air menggunakan truk tanki ini juga dilakukan dan diberikan kepada masyarakat non pelanggan yang membutuhkan air bersih.


"Menggunakan dua armada mobil tangki, kami tidak hanya melayani pelanggan PDAM saja, tapi sudah melayani kemanusiaan yang mencakup daerah terdampak kemarau, seperti Desa Kelanga, Desa Sebadai Ulu, Bunguran Tengah, Desa Binjai dan Bunguran Selatan" tambahnya.


H. Zaharudin menambahkan pihaknya juga telah mengupayakan kepada dinas PUPR setempat, agar dapat membantu mengupayakan meminjam truk tanki kepada Kementerian PUPR, agar dapat digunakan untuk menyuplai air bersih kepada masyarakat.


"Sebagai langkah antisipasinya saya menyurati Dinas PUPR kabupaten Natuna, agar dapat mengajukan peminjaman IPA mobil di Kementerian PUPR untuk memanfaatkan air di embung Sebayar," tutupnya.


(Dayat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama