Dinas Sosial Natuna Gelar Pelatihan Taruna Siaga Bencana


Dinas Sosial Natuna Gelar Pelatihan Taruna Siaga Bencana

Asisten III Bidang Administrasi Umum, Tasrif-
NATUNA I KEJORANEWS.COM :  Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Sosial Kabupaten Natuna, menggelar pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Tren Central hotel, dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Tasrif, Senin (20/11/2023).


TAGANA adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat, dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Natuna, Puriyati dalam laporannya  menyampaikan, pelatihan tersebut dilaksanakan 3 hari dari tanggal 20 hingga  23 November 2023 yang diikuti oleh 17 peserta.


"Salah satunya pembinaan dan peningkatan kemampuan tagana yang merupakan bagian dari Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) serta menjadi ajang silaturahmi antara anggota Tagana dengan pemerintah Kabupaten Natuna," jelas Puriyati.


Sementara itu, Asisten III Setda Natuna, Tasrif, saat membuka kegiatan menyampaikan, Tagana menjadi implementasi kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 28 tahun 2012 . Dimana Tagana selain menjalankan tugas, juga memiliki tanggungjawab untuk mendukung tugas - tugas penanganan masalah sosial lainnya, terkait penanggulangan bencana.


“Melalui kegiatan ini, nantinya akan diberikan pembekalan bagaimana menangani kondisi kejadian bencana, mengawasi, mengendalikan, mengkoordinasikan serta melakukan tindakan dengan tepat, bagi pencegahan terjadinya korban jiwa,”  kata Tasrif.


Keberadaan Tagana di Natuna, diharapkan mampu merespon berbagai kejadian bencana, sebagai lapis pertama, yang dapat secara pribadi maupun menjadi koordinator lapangan.





(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama