Pemkab Natuna dan Forkopimda Serahkan Bantuan Tahap 2 untuk Korban Longsor Serasan


Pemkab Natuna dan Forkopimda Serahkan Bantuan Tahap 2 untuk Korban Longsor Serasan

Penyerahan bantuan tahap 2 oleh Wabup Natuna Rodial Huda
kepada korban longsor di Serasan-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Bertempat di gedung BPMKS, Desa Pelimpak, Serasan, Jum’at, (16/6/ 2023), Pemerintah Kabupaten Natuna menyerahkan secara resmi bantuan korban musibah alam tanah longsor Kecamatan Serasan dan Serasan Timur.


Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK dan Forkopimda Natuna.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan, donasi yang terkumpul sebesar Rp 1.937.000.000. Pada tahap pertama sudah disalurkan kepada masyarakat sebesar Rp 1.536.000.000, belanja operasional PMI Rp 42.595.000, kebutuhan PB PMI Rp 30.869.000 dan belanja alat komunikasi PB 10.000.000,-.


Sedangkan pada tahap kedua disalurkan sebesar Rp 310.000.000, dengan rincian : jumlah bantuan meninggal dunia sebesar  Rp 2 juta/jiwa, rumah rusak berat Rp 3 juta/KK, rumah rusak sedang Rp 2,5 juta/KK, rumah rusak ringan Rp 2,2 juta/KK, dan rumah tidak layak huni Rp 2 juta/KK.


“Untuk BTT Bantuan biaya berobat saat ini sudah direview inspektorat, tinggal nunggu pak inspektur pulang untuk tanda tangan dan Dana Tunggu Hunian (DTH) sudah diusulkan ke BNPB saat ini dalam proses," kata Rodial.


Menurutnya, masa transisi tanggap darurat menuju pemulihan sampai tanggal 30 Juni 2023. Namun demikian bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.


Wakil Bupati  kabupaten Natuna menambahkan, hunian tetap Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) telah dibangun sebanyak 100 unit. Namun pemerintah sudah mengajukan pembangunan 147 unit rumah kepada Kementerian PUPR.


“Saya ingin berpesan kepada masyarakat agar dapat menggunakan bantuan dari pemerintah ini untuk hal-hal yang bermanfaat dan semoga kedepannya kita semua terhindar dari musibah,” tutur Rodhial.


Sementara itu, Sekretaris Camat Serasan Esas Erwansyah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Natuna atas bantuan yang telah diberikan kepada korban musibah longsor di daerahnya.


“ Terima kasih kepada Pemda Natuna yan selalu mensupport kami warga Serasan yang terdampak dalam musibah longsor kemaren. Semoga mendapat pahala dari Allah SWT,” kata Esas.

Foto bersama usai penyerahan bantuan

Wabup Natuna meninjau pembangunan Risha

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama