DP3AP2KB Natuna Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga


DP3AP2KB Natuna Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga

Kepala DP3AP2KB Natuna, Sri Riawita menyampaikan laporan-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga di Indonesia, sejak Tahun 2016, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pengembangan pelaku Industri Rumahan (IR).


Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Natuna, Sri Riawati, dalam acara Pembukaan Pelatihan Diversifikasi Produk Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga, di “Dapur Ibu” Adiwana Jelita Sejuba Natuna Resort, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur,  Senin (12/06/2023) pagi mengatakan kegiatan industri rumah tangga dapat dilakukan para ibu dari rumah masing - masing.


Pelatihan Diversifikasi Produk Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga yang dibuka langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi, serta dihadiri oleh sejumlah OPD Natuna, Ketua TP PKK Natuna, Septi Dwiani Wan Siswandi, para Pelaku IR serta puluhan tamu undangan lainnya.


“Umumnya memanfaatkan atau menghasilkan produk berupa barang jadi yang memberikan nilai tambah dan dikerjakan di rumah atau kerja paruh waktu,”  kata Sri Riawati.


Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri PPPA RI, Nomor 2 Tahun 2016 tentang pedoman umum industri rumahan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.


Pada tahun 2017 Kementerian PPPA melaksanakan pilot project industri rumahan sampai tahun 2019, dengan perbandingan anggaran APBN 100 persen.


Pada tahun ke dua,  80 persen APBN 20 persen APBD, tahun ke tiga 20 persen APBN 80 persen APBD, sampai tahun ke 4 APBD 100 persen.


“Dengan lokus Desa yaitu Limau Manis, Desa Ceruk dan Dea Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut,” tambah  Sri Riawati.


Kendati demikian, hal tersebut tidak terlepas dari usaha bersama seluruh OPD dalam melaksanakan program kegiatan sesuai Tupoksi masing-masing dengan sasaran yang sama.


“Pembinaan IR ini sudah dikembangkan lagi di Desa Binjai pada Tahun 2022 dan Desa Air Lengit dan Desa Semedang dengan menggunakan APBD,” katanya.


Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing produk rumah tangga  dengan menggunakan bahan lokal yang ada di setiap Desa.

OPD dan Peserta yang Hadir

Bupati Natuna Wan Siswandi menyalami peserta yang hadir



(Piston -ADV)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama