Geo Heritage Festival Bunguran Utara 2022 : Lomba Dongeng, Baca Gurindam, Gambar, Balap Karung, Dll


Geo Heritage Festival Bunguran Utara 2022 : Lomba Dongeng, Baca Gurindam, Gambar, Balap Karung, Dll

Peserta Lomba-
NATUNA  I KEJORANEWS.COM : Dalam upaya memperkenalkan  kekayaan Budaya   daerah  di Kecamatan Bunguran Utara khususnya Desa Kelarik, Komunitas Mbe Cerite Klarik menggelar acara Geo Heritage Festival , Bunguran Utara 2022. Kegiatan yang dilaksanaan di Desa kelarik ini terselenggara berkat kerjasama Komunitas Mbe Cerite Klarik dengan mahasiswa KKN UGM.


Acara digelar selama 2 hari Sabtu dan Minggu, 6 dan 7 Agustus 2022 itu dihadiri  pemerintah Kabupaten Natuna yang diwakili oleh  Bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Natuna.


Dalam Laporannya Ketua Komunitas Mbe Cerite Klarik, Gilang Islamic Anarkhi sebagai pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa Geo Heritage Festival merupakan karya anak daerah yang bekerja sama dengan mahasiswa KKN UGM sebagai wadah edukasi untuk memperkenalkan wisata di Desa Kelarik. 


" Geo Heritage festival merupakan kegiatan yang ditaja oleh anak daerah melalui Mbe Cite Kelarik. Kegiatan ini ditaja untuk memperkenalkan kekayaan Budaya di daerah bunguran utara khususnya Desa Kelarik. Kami berharap Geo Heritage Festival dapat menjadi agenda tahunan, yang dapat menjadi wadah bagi masyarakat dan pemerintah daerah dalam memperkenalkan kekayaan wisata dan budaya,"  ungkap Gilang Islamic Anarkhi.


Selanjutnya Ketua KKN Universitas Gajah Mada, Faiq Fadillah dalam laporannya juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas dukungan masyakarat desa kelarik dan semua pihak yang telah mendukung sehingga terlaksananya program ini. 


" Tentunya ada rasa haru dan bangga sebagai mahasiswa KKN dapat melaksanakan acara yang luar biasa ini. Kami harap program ini dapat menjadi percontohan bagi desa desa lain, untuk menciptakan plattform dimana masing masing desa dapat mempromosikan potensi desa mereka masing masing," kata Faiq Fadillah. 


Sementara ituKepala  Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan , Hadisun dalam sambutanya menyambut baik kegiatan Geo Heritage Festival, kecamatan bunguran utara 2022 yang ditaja oleh anak daerah yang bekerjasama dengan Mahasiswa KKN UGM. 


"Sebuah kebanggan atas kreatifitas dan kepedulian anak muda untuk membuat suatu kegiatan yang bertujuannya untuk melestarikan kesenian daerah dan memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Desa Kelarik secara khusus dan Bunguran Utara secara umum," kata Hadisun .


Hadisun juga menyampaikan eksistensi  acara yang berkaitan dengan pelestarian budaya harus terus digaungkan dengan festival budaya maupun kegiatan sejenisnya. 


" Kita berharap ini dapat menjadi cikal bakal lahirnya produk wisata Kabupaten Natuna. Sehingga Geo Heritage Festival dapat menjadi salah satu kalender festival di Kabupaten Natuna. Kita berharap kepada anak daerah melalui Mbe Cite Kelarik dan rekan komunitas dapat menjaga konsistensi dalam melestarikan budaya lokal," tambah Hadisun. 


Sementara itu Hariyanto mewakili Camat Bunguran Utara menyampaikan apresiasinya atas semangat teman teman mbe cite kelarik dan mahasiswa KKN UGM untuk mempromosikan kekayaan budaya dan wisata Kecamatan Bunguran Utara.  

"Semoga kegiatan semacam ini dapat menjadi stimulus pergerakan prekonomian masyarakat Desa," kata Harianto.


Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam acara Geo Heritage Festival , Bunguran Utara 2022 antara lain lomba mendongeng, membaca gurindam, lomba menggambar, lomba balap karung, tarik tambang, memarut kepala dengan alat teradisional serta tour keliling Bunguran Utara.



(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama