Wisata Mangrove Senilai Rp.2,2 Miliar Diresmikan Bupati Natuna


Wisata Mangrove Senilai Rp.2,2 Miliar Diresmikan Bupati Natuna

Objek Wisata Pering-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Bupati Natuna Wan Siswandi ,Jum'at (11/03/2022) pagi meresmikan objek wisata baru di wilayah ibu Kota Kabupaten Natuna, tepatnya di Pering Kelurahan Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur. Objek wisata baru mangrove atau hutan bakau sepanjang 1.015 meter itu, menelan anggaran Rp. 2.2 Miliar, bersumber dari pemerintah pusat yang dialokasikan melalui kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.



Kepada wartawan usai peresmian, Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan, keberadaan objek wisata baru ini selain melengkapi objek wisata yang sudah ada di Natuna, diharapkan dapat menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Selain itu objek wisata mangrove yang dibangun sesuai dengan anjuran dari mentri Pariwisata untuk meningkatkan potensi wisata daerah itu,juga diharapkan akan menambah daya tarik Natuna didunia luar. 

“Kita berharap tidak hanya satu menu saja, misalnya ke pantai, batu atau jenis lainya. Tujuan utama yaitu, ketika wisatawan datang ke sini kita punya beragam bentuk tempat wisata. Jadi mangrove juga bisa menjadi icon wisata yang menjadi daya tarik wisatawan,” ujar Bupati. 


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Hardinansyah pada kesempatan yang sama menjelaskan, bahwa dikawasan wisata mangrove itu akan dilengkapi dengan fasilitas toilet umum dan juga akses jalan menuju kawasan ini akan diperhalus, pemgerjaannya ditargetkan selesai pada tahun 2022 ini.


Selain itu, kawasan mangrove nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, gerbang, parkir dan kios tempat jualan. Namun failistas-fasilitas tersebut tentunya sangat tergantung dengan prioritas anggaran nantinya. 


“Fasilitas maupun sarana dan prasarana ini bisa saja bertambah nantinya, karena pengelolaannya akan dilakukan langsung oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Jadi mereka bisa saja menambahnya secara swadaya,” jelas Hardinansyah.



Objek wisata yang dibangun dari dana pemerintah pusat itu,untuk operasionalnya akan dikelola oleh kelompok sadar wisata Pering Kelurahan Bandarsyah. Saat ini objek wisata. Yang ada di  kawasan itu baru jembatan kayu, yang dikiri kanannya menyajikan keindahan hutan bakau dengan ujung  sejauh mata memandang pandangan ke laut lepas. 
Pintu Masuk Objek Wisata Maongrove Pering

Bupati Natuna, Wan Siswandi

Kadispar Natuna, Hardinansyah


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama