DP3AP2KP Natuna Lakukan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan kepada Kepsek dan Komite Sekolah


DP3AP2KP Natuna Lakukan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan kepada Kepsek dan Komite Sekolah

Kepala DP3AP2KB Natuna, Sri Riauwati menyampaikan Laporan-
NATUNA | KEJORANEWS.COM :  Bertempat di Natuna Hotel, kamis (10/03/2022) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Natuna, melaksanakan kegiatan sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) jalur formal yang diikuti para kepala sekolah, Ketua komite  yang ada di Kabupaten Natuna  mulai dari tingkat pendidikan RA/TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MAN ,Pembina PIK-R SLTA,  bagian kurikulum dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Natuna dan sekolah jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Sub Koordinator dan staf bidang pendalian penduduk dan KB .

 

Sosialisasi dibuka langsung oleh Asisten I, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Khaidir SE. mewakili Bupati Natuna, Wan Siswandi yang berhalangan hadir.


Dalam sambutannya  Asisten I, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Khaidir menyampaikan berbagai isu kependudukan yang berkelanjutan di Indonesia. Antara lain, kepadatan jumlah yang samakin pesat dan terus meningkat, serta arus migrasi dan angka  penduduk usia muda.


"Hal ini merupakan tantangan menyiapkan penduduk usia muda, agar menjadi sumberda daya yang produktif dan berguna bagi bangsa dan negara," kata Khaidir.


Oleh karenanya diperlukannya senergitas dari berbagai pihak guna mengatasi dan mengantisipasi permasalahan yang ditimbulkan dari dampak kependudukan.Salah satunya dengan  meningkatkan peran strategis guru dalam menananamkan pengetahuan, sikap, perilaku yang responsif dan adaptifterhadap peserta didik.


Dikatakan Khaidir, SSK yaitu sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan, keluaraga berencana dan membangun keluarga ke dalam beberapa mata pelajaran.

 

“Secara lebih luas, guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai kurikulum,” pintanya.

 

Kegiatan ini menurut Khaidir sangat penting. Oleh sebab itu diharapkan dalam perogram SSK nantinya, materi kependudukan diintegrasikan dengan mata pelajaran sesuai pokok pembahasan.

 

Sementara Kepala DP3AP2KP Kabupaten Natuna, Sri Riawati, dalam laporannya menyampaikan  dasar dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini antara lain  peraturan Undang-undang nomor 52 tahun 2009, dan  Peraturan Pemerintah nomor 87 tahun 2014, tentang perkembangan kependudukan pembangunan keluarga dan keluarga berencana tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Dan Peraturan Kepala BKKBN nomor 72/PER/B5/2011, tentang organisasi dan tata kerja badan kependudukan dan keluarga berencana Nasional,  adalah untuk memberikan pedoman bagi para tenaga pengelola dan pelaksana pendidikan kependudukan.

 

“Narasumber kita kali ini dari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau,” tutup Sri Riawati.

Peserta Sosialisasi

Tamu Undangan dan Peserta Sosialisasi

Narasumber-

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama