Terkait BTS untuk 4G Pemerintah Anambas Menggelar Rapat bersama Telkomsel


Terkait BTS untuk 4G Pemerintah Anambas Menggelar Rapat bersama Telkomsel

Rapat Pembahasan-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Rapat koordinasi rencana pembangunan tower BTS sinyal 4G Telkomsel di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas digelar di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Pasir Peti, kamis (29/04/2021).

Pada paparan pembukaan rapat tersebut GM Telkomsel, Alvo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah untuk selalu support terus dan berperan aktif membantu Telkom dan Telkomsel untuk kami terus berbenah dan memperluas layanan Telkomsel sampai ke perbatasan, kami terus bergerak maju untuk Anambas dalam peningkatan layanan sampai ke pelosok negeri, penambahan Tower BTS yang dibangun Telkomsel di Desa Teluk Sunting dan Desa Ladan ditargetkan akan rampung.

"Mudah-mudahan bisa on air dan dirasakan masyarakat akhir juni jika tidak ada halangan dalam tahap tersebut, ungkap Alvo."

Dalam rapat koordinasi tersebut juga GM Witel Rikep, Subhan mengatakan Survey SKKL Tarempa - Jemaja & Tarempa - Palmatak dilakukan oleh Tim Telkom pada tanggal 26 April - 28 April yang mana untuk survey landing point jemaja pada 26 april 2021 dan survey landing point palmatak pada 27 april 2021. 

 "Untuk pembangunan sudah optimis dari pihak Telkom dan bisa dipastikan akan dimulai pembangunannya Tahun 2021, jelas Subhan." 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH., MM menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah  memberikan dukungan penuh terkait pembangunan Tower 4G tersebut dan Pemerintah Daerah berharap adanya catatan - catatan dari Telkom mengenai apa saja yang diperlukan terkait lahan, Pemerintah Daerah akan mempelajari dan akan memproses jika tidak ada keterkaitan hukum.

"Pemerintah Daerah berharap jika ada kendala segera disampaikan agar tidak tertunda terkait pembangunan dan keterkaitan Tim Koordinasi dan Penataan Ruang Daerah (TKPRD) agar Telkom membuat surat agar bisa lebih cepat, Jelas Sahtiar."

Disamping itu, PLN selaku  penyedia jasa listrik juga turut berpartisipasi aktif memperluas jangkauan internet 4G di Indonesia, yakni dengan menyediakan akses listrik yang mumpuni sehingga bisa menunjang tower base transceiver station atau BTS Telkom di berbagai pelosok negeri.

Pada rapat tersebut, Kepala PLN Tarempa menyampaikan bahwa Telkomsel merupakan prioritas PLN terkait pembangunan tower dan sudah dilakukan MoU terkait kebutuhan tersebut.

"Kami berharap adanya backup Battery agar ketika beban puncak atau ada pemadaman, Telkomsel ada backup daya, ' ujar Kepala PLN.

Kepala PLN menyampaikan akan terus mendukung kemajuan masyarakat Anambas, Telkomsel dan Pemerintah Daerah. 

Kepala Telkom Tarempa, Edward mengungkapkan sejak adanya Fiber Optik,   Telkom sudah banyak membangun seperti tower dan indihome. Pembangunan tersebut sudah terealisasi di Kecamatan Siantan dan Kecamatan Palmatak. 

Menurut survey, katanya, antusias masyarakat sangat bagus dengan adanya pembangunan SKKL di Palmatak dan Jemaja. Untuk itu Telkom siap untuk pembangunan indihome

"Dipulau siantan masih ada beberapa daerah yang belum 4G seperti air bini dengan terap, lebih kurang 7 km. Kami Telkom berharap adanya pembangunan Fiber Optik di beberapa lokasi yang belum terhubung, " tambah Edward".

Turut hadir pada rapat tersebut  Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kab.Kep.Anambas.

Pemerintah Daerah berbagai upaya terus menggesa percepatan perluasan konektivitas di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam mendukung pemanfaatan program strategis nasional diantaranya kabel serat optik Palapa Ring Barat dalam rangka pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T dan Perbatasan.

Sesuai dengan  misi Kepala Daerah “Membangun Konektivitas (Trasportasi dan Telekomunikasi) wilayah dan sistem logistik daerah yang handal)” yang diantaranya :

-Upaya mewujudkan percepatan peningkatan dan perluasan dan pemerataan akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas  
  
 - Mewujudkan pemerataan dan perluasan akses internet bidang Pendidikan,kesehatan,Pariwisata, Perikanan, Perdagangan (UMKM, Marketplace, platform digital dll ), Pemerintahan kecamatan dan desa   

-Upaya mempercepat kebutuhan akses internet untuk masyarakat Kepulauan Anambas.

Tujuan dari pembangunan dan pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T dan Perbatasan agar ketersediaan layanan komunikasi dari voice hingga broadband sampai keseluruh Desa Terjadi efisiensi investasi yang akan mendorong tarif telekomunikasi semakin murah  Mendukung terjadi percepatan pembangunan di sektor lainnya (Pendidikan,Kesehatan,Pariwisata,Perikanan, Perdagangan dll)  Keberadaan aplikasi seperti distance learning, telemedicine, e-government, dan aplikasi lainnya, dapat diimplementasikan hingga ke kecamatan dan desa.

Diskominfo KKA / Yuni S

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama