JJI Bersama FH Unas Gelar Workshop Jurnalistik untuk Mahasiswa


JJI Bersama FH Unas Gelar Workshop Jurnalistik untuk Mahasiswa


Jakarta I Kejoranews.com : Puluhan mahasiswa dari Fakultas Hukum (FH) dan beberapa fakultas lain Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Sabtu pagi (9/3/16) pukul 08.00 WIB, mengikuti Pelatihan dan Workshop Jurnalistik untuk Mahasiswa yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) bekerja sama dengan FH-Unas.

Pelatihan dan worshop jurnalistik ini menghadirkan narasumber beken, di antaranya wartawan senior Panda Nababan, Nur Fajri Budi Nugroho; Wakil Redaktur Metrotvnews.com, Syaiful Rahman Al Bangeri; mantan Wakil Pemimpin Redaksi ANTV dan saat ini mengelola Wartatv.com, M. Alfan Alfian; penulis dan dosen Unas, Tatan Hidayat; Fotografer Majalah Forum Keadilan, M. Fauzi; Redaktur Media Indonesia, dan tentunya Ketua Umum DPN JJI Yaya Suryadharma.

Acara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dari pukul 08.00-12.00 WIB. Sedangkan sesi kedua dari pukul 13.00-16.00 WIB. Untuk sesi pertama, narasumber yang mengisi adalah Panda Nababan, Nur Fajri Budi Nugroho. Kedua narasumber memberikan materi bagaimana cara meliput dan menulis berita yang baik dan benar. Tujuannya, agar berita yang dihasilkan mampu memberikan informasi  yang mencerahkan masyarakat.

Sesi kedua, menghadirkan narasumber Syaiful Rahman Al Bangeri, M. Alfan Alfian, Tatan Hidayat, dan M. Fauzi, Materi yang diberikan, antara lain bagaimana menjadi reporter yang baik di media elektonik, cetak, dan online yang disampaikan Syaiful Rahman Al Bangeri. Alfian Alfian membagi pengalamannya ketika menjadi penulis hingga namanya dikenal luas hingga kini. Alfian membagi ilmu bagaimana menjadi penulis yang baik. Tatan Hidayat membagi ilmu teknik fotografi jurnalistik yang cerdas. Sementara M. Fauzi, yang juga Sekjen DPN  JJI menyajikan materi soal teknik hunting berita jurnalistik.

Menurut Ketua Umum DPP-JJI, Yaya Suryadharma, acara ini diselenggarakan hasil kerja sama  antara DPP JJI dengan Fakultas Hukum Unas. Acara ini, kata Yaya, merupakan salah satu  program "JJI Goes to Campus' yang diselenggarakan DPP JJI.

“DPP JJI akan menggelar acara serupa di kampus-kampus yang ada di Jakarta dan sekitarnya. DPP JJI ingin Lembaga Pers Mahasiswa di kampus kembali dihidupkan,” tukas Yaya.

Selain itu, lanjut Yaya, Lembaga Pers Mahasiswa juga dapat menjadi media berlatih yang baik bagi mahasiswa. “Nah, sebelum terjun menjadi wartawan profesional, Lembaga Pers Mahasiswa akan menjadi tempat pengkaderan calon wartawan yang baik. Setelah lulus, dia bisa langsung  menjadi wartawan yang sebenarnya,” tambah Yaya.

Sebelum penutupan, para peserta diberi bekal latihan langsung membuat berita oleh kawan-kawan DPP JJI. Kemudian, hasilnya diserahkan ke panitia. Dari beberapa tulisan berita terbaik, diberi hadiah buku oleh panitia

Sumber : majalahvisioner.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama