Kok Tiong Terdakwa Masalah Izin Edar : Proses Izin di BPOM Sulit


Kok Tiong Terdakwa Masalah Izin Edar : Proses Izin di BPOM Sulit

Batam I KNC : Setelah mendengar keterangan saksi ahli dari Balai Pengawas Obat dan Makanan(BPOM), Majelis Hakim yang diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo dan didampingi Juli Handayani dan Muhammad Chandra Hakim Anggota, selanjutnya memeriksa terdakwa Kusni alias Kok Tiong manajer CV. Ego Sunter Sukses Mandiri. Rabu(17/2/16).
 
Dalam keterangannya Kusni alias Kok Tiong manajer CV. Ego Sunter Sukses Mandiri mengatakan, memang benar 9 macam produk yang diimpornya dari PT. Kee Wee Hup Kee Food Manufacture Malaysia itu, telah habis masa izin edarnya. Namun ia mengatakan dirinya telah mengurus izin edar itu, 6 bulan sebelum masa izin edarnya habis, yakni pada 2014 lalu.

Menurut Kok Tiong proses pembuatan izin edar yang menggunakan sistem online di BPOM saat ini memakan waktu lama, dibanding dengan sistem manual sebelumnya. Selain lebih rumit sistem online menurutnya juga banyak antrian, selain itu pembinaan dari BPOM juga kurang, karena selama masa proses yang memakan waktu 1 tahun, BPOM baru sekali melakukan pemeriksaan di perusahaannya.

Kok Tiong menambahkan, mengurus izin edar hanya memakan biaya Rp 300 ribu, namun yang mahal itu komisi untuk jasa yang mengurus izin edarnya.

“ Dengan sistem online terpaksa saya menggunakan jasa pihak lain, saya telah mencoba sendiri dengan sistem online namun selalu ditolak, karena antriannya banyak. Dulu denga manual urus izin edar hanya 2 bulan, saat bisa sampai 1 tahun. BPOM Batam juga tidak ada mengajarkan saya bagaimana agar kami lancar dan mudah melakukan proses izin edar, mereka hanya datang satu kali pada bulan Maret 2015, dan bilang kami masih ada kekurangan.” Ucapnya.

Ia melanjutkan,  dirinya tetap mengedarkan produk jellynya ke toko-toko meskipun tidak ada izin edar, karena untuk menutupi biaya operasional perusahaan, ia juga menyampaikan bahwa 9 macam makanan yang disita BPOM itu, masih baru dan tidak kadaluarsa.

Rdk

Baca juga :

Saksi Ahli BPOM Bingung Terkait Siapa yang Bertanggungjawab atas Izin Edar antara Pabrik yang Memproduksi atau Produsen Pembuat

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama