Aroziduhu Waruwu Ketua PN Batam : Tidak Benar Hakim yang Lambat Bersidang, Jaksa yang Sering Lambat


Aroziduhu Waruwu Ketua PN Batam : Tidak Benar Hakim yang Lambat Bersidang, Jaksa yang Sering Lambat

Batam I Kejoranews.com : Pengadilan Negeri(PN) Kelas 1 Batam mulai menerapkan sistem online dalam jadwal persidangan pada awal Februari 2016 lalu, sistem online yang bertujuan agar sidang dapat berjalan sesuai jadwal dan  mempermudah masyarakat dalam mengetahui proses persidangan itu, ternyata masih belum berjalan efektif.

Pada Rabu siang (24/2/16), jadwal sidang molor satu jam lebih, sidang yang biasanya berjalan mulai pukul 14.00 WIB atau setelah para tahanan kejaksaan hadir di Pengadilan, terlihat dimulai pukul 15.00 WIB.

Menurut sejumlah jaksa, sidang hari Rabu ini adalah jadwal paling terlambat yang pernah mereka ikuti. 

Dan ternyata memang benar, dari pantauan awak media ini, 3 ruang sidang yang biasa digunakan, hanya ruang sidang 1 yang  dipimpin Hakim Vera Yetti Magdalena yang melakukan proses persidangan. Sementara ruang sidang 2 dan 3 masih belum ada hakim yang turun dari ruangannya untuk menjalankan sidang.

Salah seorang jaksa mengaku tidak berani untuk memanggil para hakim yang dinilainya lambat itu, ia takut hakim yang dimaksud akan merajuk.

" Wah kita mana berani mas, SMS atau nelpon hakim, kita yang susah nanti, kamipun tadi sudah sampaikan kepada pegawai PN lainnya, bahwa kami telah siap untuk bersidang, namun ya beginilah, kita tunggu sajalah, "ucapnya.

Saat dikonfirmasi terkait keterlambatan para hakim dalam memimpin sidang ini, Aroziduhu Waruwu SH, MH Ketua Pengadilan Negeri Batam menampik informasi tersebut, menurutnya semua hakim bersidang sesuai jadwal, kalaupun ada yang terlambat mungkin sedang makan siang.

" Ah tidak benar itu mas, dari pagi hakim-hakim sidang kok, untuk ibu hakim yang anda maksud, tadi sudah ada kok, saya tadi baru kasih pengarahan untuk dia, supaya menggantikan persidangan hakim yang masih libur cuti." Ujar Aroziduhu

Aroziduhu menilai yang sering terlambat sebenarnya para jaksa, makanya ia membuat sistem online, agar sebelum sidang para jaksa melapor dengan tertib.

" Kalau mereka sudah melapor namun hakim belum turun bersidang, nanti saya yang akan panggil hakimnya," ucap Aroziduhu menambahkan.

Rdk

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama