Sembahyang Tahunan Vihara Cetiya Bhakti Sasana Bintan Berlangsung Meriah


Sembahyang Tahunan Vihara Cetiya Bhakti Sasana Bintan Berlangsung Meriah

Ati Ketua Panitia Acara
Bintan I KNC : Sembahyang tahunan Vihara Cetiya Bhakti Sasana Bintan yang di gelar pada Senin-Selasa(12-13/1/16) berlangsung meriah.
 
Ribuan tamu hadir dalam kegiatan ini, selain umat Budha, sembahyang keselamatan untuk masyarakat Gesek Kecamatan Tuapaya ini, juga dihadiri oleh masyarakat umum, bahkan turut hadir sejumlah pejabat setempat, diantaranya Dalmasri Wakil Bupati Bintan terpilih, dan Boby Jayanto Ketua Kadin Kota Tanjung Pinang.


Ati selaku Ketua Panitia Acara mengtakan, sembahyang di Vihara Cetiya Bhakti Sasana bertujuan untuk meminta keselamatan dari sang Pencipta alam untuk umat manusia, terkhusus masyarakat Gesek Kecamatan Tuapaya Bintan. 

Ati mengaku dan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun itu, merupakan kegiatan yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa setempat.

Agar berjalan sukses, Ati menjelaskan pihak panitia telah mempersiapkan segala keperluannya di jauh-jauh hari.

"Kami, dari Vihara Cetiya Bhakti Sasana membentuk panitia sebanyak lima belas orang, segala keperluan untuk acara telah kami siapkan sejak jauh hari, kami bersyukur kegiatan ini ramai dihadiri tamu undangan" ujar Ati.

Menurut Ati, kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak ratusan tahun lalu, dan sudah menjadi budaya yang tidak boleh ditinggalkan.

"Jadi, semua kelenteng yang ada di Kepulauan Riau akan melaksanakan kegiatan yang serupa seperti ini," tambahnya.

Selain doa yang menjadi acara pokok, pihak panitia juga menggelar pelelangan barang-barang seni, yang mana hasilnya akan digunakan untuk perawatan vihara. 

"Dana yang terkumpul dari hasil pelelangan akan kami gunakan buat perawatan Vihara ini. Biasanya pelelangan akan memakan waktu lebih kurang tiga sampai empat jam hingga barang yang dilelangkan habis," jelas Ati

Hiburan musik dari artis-artis lokal turut mengiringi kegiatan yang  dilaksanakan setiap tahun ini.

(Sapuan) 
    

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama