Siswa Kelas 5 SD Al-Syukro Tangerang Selatan, Memboyong Juara Robotic International di Kuala Lumpur


Siswa Kelas 5 SD Al-Syukro Tangerang Selatan, Memboyong Juara Robotic International di Kuala Lumpur

Satria dan Firdiansyah, MIT
Batam l  KNC : Asian Junior Robocup merupakan kompetisi robotic tahunan, yang digagas oleh Asian Robotic Competition Committee (ARCC), yang berpusat di Kuala Lumpur dengan President Dr Riza Muhida, M.Eng dan Vice Presiden Prof Dr. Rini Akmelia, MSEE. 

Acara ini bertujuan memasyarakatkan pentingnya Sains Robotic, dan untuk menyiapkan anak anak Asia menghadapi kompetisi dunia melalui kegiatan lomba, workshop, conference dan edukasi guru dll. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Supangat MA., yang merupakan Direktur Al-Syukro, kepada Inspirasibangsa, Minggu (20/9). 


Asian Junior Robocup 2015 diadakan di International Islamic School Malaysia, IISM, di wilayah Gombak Kuala Lumpur pada 12-13 September, yang diikuti 200 anak dan 100 delegasi guru dari berbagai Negara, seperti: Indonesia, Malaysia, Singapore, dan beberapa Negara Afrika dan Arab juga turut serta. 

Kegiatan AJR 2015 meliputi Kompetisi robotic dg 10 games, Workshop Teknologi terbaru robotic, Conference “Asian Teacher Forum 2015”, Expo Robotic & Education Tour di Pusat Riset Robotic Malaysia, IIUM. “Kompetisi terdiri dari 2 level yaitu primary dan secondary level, dengan 10 mata lomba standart international, yaitu Brick Speed, Maze Solving, Maze Games, Robot Kreative, Aerial Robot, Soccer, Battle Robot, Mission Challenger, Line Tracer dam Robot Theater,” ungkap Supangat.

Menurut Supangat, yang menarik, Satria Fahmi Firmansyah, siswa kelas 5 Al Syukro Tangerang Selatan, yang masih berusia 9 tahun ini, tampil nyaris sempurna. Kategori lomba paling bergengsi Robot Soccer berhasil dimenangkan dan mendapatkan penghargaan tertinggi, Grand Prize, yang setara dengan Medali Emas. “Cara bermain, strategi mengecoh, rangkaian kontruksi robotnyanya bisa melibas telak score team dari Malaysia, Arab dan Singapore di babak penyisihan, termasuk lawan tanggung dari negaranya, Stella Maris School,” ungkap Supangat dengan penuh suka cita. 

Supangat menambahkan, tak hanya terhenti di situ, di kategori paling “keren” Robot Aerial/Robot terbang, yaitu menerbangkan Drone/Quadcoupter, Satria nyaris mendapat point sempurna dan applause peserta. Misinya adalah, menerbangkan Drone dengan sempurna melewati beberapa misi dan melakukan acrobat di udara hingga sampai finish, dengan waktu tercepat dan point penuh.

Sedangkan menurut pengakuan Firdiansyah, MIT., yang merupakan pendamping dari Al Syukro di acara tersebut, di Kategori Robot Creative, kompetisi untuk membuat karya sains, Siswa Al Syukro ini membuat sistem control smarthome yang dicontohkan lampu/AC/Peralatan electronic lain, yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, hanya dengan menggunakan Smartphone maupun aktivasi suara. 

“Bahkan hasil karyanya ini, dipentaskan dalam robot Theater dan mendapatkan Grandprize ke 4, dan menjadikan Satria ‘Top Score Grandprize AJR Malaysia 2015’,” ungkap Firdiansyah, yang juga merupakan alumni ITS Surabaya.

Menurut Firdiansyah, saat ini Satria tengah menyiapkan diri untuk menghadapi Kompetisi Robotic paling akbar di dunia, yaitu International Robot Olympiade 2015. “Acara ini akan diikuti lebih 20 negara Asia, Eropa, Rusia, dan lain sebagainya. 

Acara ini akan dilaksanakan di Bucheon City, Korea Selatan pada 17 Desember 2015 mendatang. Semoga Satria bisa memboyong kembali juara, seperti yang didapatkan di Malaysia. Karena, hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Al-Syukro khususnya, dan bagi Indonesia pada umumnya di ajang internasional,” ungkap Firdiansyah dengan penuh optimis, menutup perbincangan dengan Inspirasibangsa.

Sumber: inspirasibangsa.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama