PBB: Kekuatan Asing Dibalik Krisis di Suriah


PBB: Kekuatan Asing Dibalik Krisis di Suriah

Geneva, Swiss l  KNC : Suriah dilanda konflik sebagian besar karena didorong oleh kekuatan asing sejalan dengan "kepentingan geostrategis," mereka, kata sebuah laporan baru PBB,  mereka mengkritik kegagalan masyarakat internasional untuk melindungi pencari suaka yang melarikan diri dari negara Arab yang didera kekerasan itu.Kamis(3/9/15)

"Perang
(di Suriah) semakin bertambah meningkat karena didorong oleh kekuatan internasional dan regional, terutama sesuai dengan kepentingan geostrategis masing-masing," hal itu di sampaikan Komisi PBB yang mengadakan Penyelidikan di Suriah dalam laporan terbaru, yang diterbitkan pada hari Kamis.



Laporan ini didasarkan pada 355 wawancara
beserta catatan medis, foto, dan citra satelit, pembunuhan didokumentasikan, pemerkosaan dan penculikan yang dilakukan di Suriah antara Januari dan Juli 2015.

Dokumen memperingatkan bahwa Takfiri Daesh (ISIL) kelompok teroris telah memperluas kampanye teror di bagian tengah dan selatan Suriah
.

 "Sebuah gaung  permintaan untuk perdamaian dan akuntabilitas berbunyi keras ." menurut laporan.

Laporan itu menyatakan keprihatinan tentang "
bertambah mengkhawatirkannya dimensi sektarian, karena dihasut oleh intervensi asing" militan dan elemen ekstrimis.

Komisi penyelidikan PBB, yang dipimpin oleh Paulo Pinheiro, menyerukan masyarakat internasional untuk mem
berikan tempat  lebih kepada pengungsi Suriah, Ia menekankan bahwa kelalaian Suriah menyebabkan krisis pengungsi di Eropa.

Panel
itu menuntut "pemukiman kembali diperluas, memberikan izin masuk atas dasar kemanusiaan, kebijakan visa fleksibel, reunifikasi keluarga, atau skema akademik dan sponsor."

Konflik asing yang disponsori di Suriah, yang berkobar di bulan Maret 2011, dilaporkan telah menewaskan lebih dari 240.000 jiwa sampai sekarang.
selama empat tahun terakhir Lebih dari 2.000 warga Suriah telah tewas di laut saat perjalanan mereka menuju Eropa.

Pemerintah Suriah telah berulang kali menyerukan negara-negara pendukung teroris dan pendanaan, khususnya Arab Saudi, Qatar, dan Turki, untuk menghentikan praktek bermusuhan mereka terhadap rakyat Suriah.

PBB mengatakan
nafsu perang  telah membuat lebih 7,2 juta orang Suriah mengungsi , dan memaksa lebih dari empat juta orang lain untuk berlindung di negara-negara tetangga, termasuk Yordania dan Lebanon.

Sumber: Press TV
Editor: Borys HR

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama