717 Orang Tewas Terhimpit Saat Ritual Haji di Mekah


717 Orang Tewas Terhimpit Saat Ritual Haji di Mekah


Arab Saudi l  KNC :Setidaknya 717 orang tewas dan hampir 863 lainnya terluka dalam insiden himpit-himpitan selama ritual ibadah haji luar kota Mekkah.

Menurut pejabat bencana Saudi, insiden itu terjadi di Mina, dekat Mekkah, pukul 9 pagi waktu setempat (0600 GMT) setelah dua massa besar peziarah turun jalan 204 dan 223 menyatu bersama.

Insiden itu terjadi ketika orang-orang sedang menuju untuk berpartisipasi dalam
melempar simbol Setan(lempar jumroh).



Lebih dari 220 ambulans dan 4.000 petugas penyelamat dilaporkan telah dikirim ke lokasi.

"Pekerjaan sedang dilakukan untuk memisahkan kelompok besar orang dan jamaah langsung ke rute alternatif," kata
pejabat Pertahanan Sipil Saudi.

Se
mentara itu, saat pertemuan dengan pejabat senior yang bertanggung jawab untuk haji di Mina, Pangeran Mohammed bin Nayef, yang mengepalai komite haji Saudi, memerintahkan penyelidikan atas penyerbuan mematikan.

Saudi menyalahkan jamaah untuk tragedi

Menteri Kesehatan Arab Saudi menyalahkan jamaah atas insiden mematikan, mengatakan tragedi itu tidak akan terjadi jika mereka "telah mengikuti instruksi."

"Banyak peziarah bergerak tanpa menghormati jadwal
yang dibuat oleh pemerintah, “ Ujar Khaled al-Falih. Ia menambahkan bahwa " itu alasan utama dari kecelakaan itu,"

"Jika para peziarah mengikuti petunjuk, jenis kecelakaan bisa dihindari," katanya. dilaporkan televisi El-Ekhbariya.

'Iran di antara orang mati'

Sementara itu, Sa'id Ohadi, kepala Iran Haji dan Ziarah Organisasi, mengatakan bahwa setidaknya 90 warga Iran telah tewas dan 150 lainnya luka-luka dalam
insiden itu.

Secara terpisah, seorang wakil menteri luar negeri Iran telah mengumumkan bahwa sebuah komisi khusus telah dibentuk oleh Republik Islam untuk menindaklanjuti kasus para peziarah Iran di Mina.

Pemerintah Saudi bertanggung jawab

Hossein Amir-Abdollahian, wakil menteri luar negeri Iran untuk urusan Arab dan Afrika, kata Kedutaan Besar Iran di Arab Saudi, Konsulat dan semua organisasi terkait lainnya secara aktif bekerja untuk menentukan nasib para korban Iran
pada insiden Kamis.

Amir-Abdollahian
menyampaikan  pemerintah Saudi bertanggung jawab atas insiden mematikan itu, dan mengatakan mereka harus segera bertindak untuk mengelola krisis.

"
Kelalaian adalah bagian dari pemerintah Saudi, karena mereka yang memberikan keamanan bagi para peziarah, dan hal itu tidak dapat diabaikan," katanya.

dua juta orang saat ini di Mekah untuk tahun ini haji haji.

Sebanyak 360 jamaah tewas selama ritual yang sama di Mina terjadi pada Januari 2006

Sementara insiden Ini terjadi beberapa hari setelah crane konstruksi besar runtuh ke Masjidil Haram, menewaskan lebih dari 100 orang dan menyebabkan lebih dari 200 lainnya luka-luka.


Sumber: Press TV
Editor : Boris HR
Lebih baru Lebih lama